Sistem Penentuan Peningkatan Prasarana Ruang Kelas Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah 3 Kabupaten Sukabumi Dengan Pendekatan Sistem Informasi Geografis

Khaerul Fikri, Fahmi (2018) Sistem Penentuan Peningkatan Prasarana Ruang Kelas Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah 3 Kabupaten Sukabumi Dengan Pendekatan Sistem Informasi Geografis. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kabupaten Sukabumi adalah wilayah terbesar kedua di pulau jawa dan terletak di provinsi jawa barat. Secara teritorial dibagi kedalam 7 wilayah untuk memudahkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan serta pengkoordinasian pembangunan. Salah satu bentuk pembangunan yang dilakukan adalah di bidang pendidikan. Rencana pembangunan setiap kecamatan dibahas dalam forum musyawarah rencana pembangunan dimulai dari tingkat desa. Setiap tahunnya terdapat sekolah yang disetujui untuk menerima bantuan. Namun, usulan bantuan sekolah yang memerlukan ruang kelas baru atau renovasi masih berupa usulan hasil pemantauan secara langsung tanpa membandingkan semua sekolah yang ada dalam satu lingkup UPTD pendidikan. Faktor lain yang menjadi kendala adalah lokasi sekolah yang terkadang berada jauh dari jalan nasional dan sulit untuk diakses. Aturan mengenai sekolah yang berhak dilakukan peningkatan prasarana dalam Peraturan Presiden nomor 123 tahun 2016. Dalam penelitian ini dibuat sebuah sistem yang dapat menentukan sekolah yang menjadi prioritas dalam membutuhkan peningkatan prasarana ruang kelas yang ada di wilayah 3 kabupaten sukabumi dengan pendekatan sistem informasi geografis. Dari hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat memberikan informasi titik lokasi sekolah yang memerlukan peningkatan prasarana ruang kelas di setiap UPTD Pendidikan yang berada di wilayah 3 kabupaten Sukabumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode AHP, Sistem Informasi Geografis, Kabupaten Sukabumi, Ruang Kelas,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59409

Actions (login required)

View Item View Item