Peranan United Nations Entity For Gender Equality And Empowerment Of Women (Un Women) Dalam Menegakkan Kesetaraan Gender Di Tiongkok Tahun 2013-2017

Nitari Lumban Gaol, Frischa (2018) Peranan United Nations Entity For Gender Equality And Empowerment Of Women (Un Women) Dalam Menegakkan Kesetaraan Gender Di Tiongkok Tahun 2013-2017. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ketidaksetaraan gender sudah menjadi masalah yang dihadapi oleh setiap negara, termasuk Tiongkok untuk itu United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women) berdiri di Tiongkok untuk menegakkan kesetaraan gender di Tiongkok. Penelitian ini mencoba menjelaskan mengenai langkah-langkah yang dilakukan dan kendala yang di hadapi oleh UN Women. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sebagian besar data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, penelusuran data online, dan dokumen. Penelitian dilakukan di Center for Strategic and Internasional Studies(CSIS) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hasil penelitian menunjukan bahwa kesetaraan gender mulai meningkat sedikit demi sedikit walaupun belum terlalu terlihat dan Perempuan Tiongkok juga sudah mendapatkan pendidikan yang cukup baik, jika melihat dari presentasi angka perempuan dan laki-laki yang menempuh pendidikan di Universitas. pemerintah Tiongkok juga sudah memperhatikan kesetaraan gender negaranya, dengan mengubah kebijakan-kebijakanya yang menghambat pertumbuhan gender di Tiongkok. Sehingga UN Women saat ini tidak lagi begitu mengalami kendala yang cukup sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun dalam bidang politik laki-laki masih lebih mendominasi di bandingkan dengan perempuan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa tahun-tahun kedepan Tiongkok ada semakin terbuka lagi sistem politiknya. Kedepannya bisa melihat bahwa ada perempuan Tiongkok yang duduk di kursi petinggi partai politiknya. Butuh usaha dan perjuangan oleh perempuan-perempuan Tiongkok dalam mensuarakan kesetaraan gender bagi mereka, dan kerjasama bersama organisasi-organisai internasional maupun nasional untuk kesetaraan gender Tiongkok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: UN Women, Tiongkok, Kesetaraan Gender
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59414

Actions (login required)

View Item View Item