Dampak Ratifikasi Convention On International Trade In Endangered Species Of Wild Fauna And Flora (Cites) Terhadap Perdagangan Satwa Langka Di Indonesia (2012-2017)

Putri Effendi, Ditha (2018) Dampak Ratifikasi Convention On International Trade In Endangered Species Of Wild Fauna And Flora (Cites) Terhadap Perdagangan Satwa Langka Di Indonesia (2012-2017). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Adanya eksploitasi terhadap satwa langka dengan cara perdagangan sangat merugikan negara termasuk Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya yang melimpah. Kejahatan terhadap satwa merupakan peringkat ketiga terbesar. Oleh karena itu, Indonesia melakukan ratifikasi terhadap rezim lingkungan internasional yaitu CITES dengan tujuan untuk dapat mengontrol perdagangan satwa langka di Indonesia Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan mengkaji literatur berupa buku, jurnal serta dokumen yang berhubungan dengan rezim lingkungan internasional, CITES, serta perdagangan satwa langka di Indonesia untuk mencari bagaimana perkembangan dan dampak ratifikasi CITES di Indonesia. Perdagangan satwa langka di Indonesia sebelum melakukan ratifikasi terhadap CITES sangat besar namun setelah melakukan ratifikasi, kontrol terhadap perdagangan satwa langka menjadi lebih efektif dan menurunkan jumlah satwa yang diperjual belikan pada tahun 2012 hingga 2015. CITES memberikan dampak baik bagi Indonesia dimana banyak manfaat dan keuntungan yang didapat oleh Indonesia yaitu adanya kontrol dan pengawasan terhadap perdagangan satwa langka, menunjang peran Indonesia pada skala global, membantu adanya pendanaan riset konservasi serta memenuhi kepentingan nasional dalam bidang isu lingkungan hidup dan konservasi. Meskipun masih banyak kendala yang dihadapi salah satunya adalah belum optimalnya adaptasi hukum dan pengaturan hukum nasional Indonesia yang sesuai dengan CITES.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rezim Lingkungan Internasional, CITES, Satwa Langka
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59415

Actions (login required)

View Item View Item