Kerjasama Pt. Pindad Dengan Cmi Defence Belgia Dalam Upaya Peningkatan Alat Utama Sistem Persenjataan Indonesia (2014-2017)

Amalia B A, Mila (2018) Kerjasama Pt. Pindad Dengan Cmi Defence Belgia Dalam Upaya Peningkatan Alat Utama Sistem Persenjataan Indonesia (2014-2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah berupaya untuk menganalisis bagaimana proses kerjasama yang dilakukan PT. Pindad dengan CMI Defence Belgia, yang didasari Defense Interest dalam negeri terkait upaya peningkatan Alat Utama Sistem Persenjataan Indonesia melalui modernisasi teknologi dengan penguasaan secara langsung teknologi-teknologi militer yang diperoleh dari kegiatan Transfer of Technology sistem persenjataan turret. Sebagaimana yang tertuang pada kesepakatan perjanjian kerjasama dalam rangka membantu menjadikan industri pertahanan dalam negeri yang lebih maju dari penguasaan teknologi baru hingga pada kemampuan produksi secara mandiri terkait pemenuhan alutsista pertahanan untuk Tentara Nasional Indonesia sekaligus untuk menjaring pasar secara global. Yang apabila telah dilakukan mass production secara langsung memperlihatkan kekuatan militer Indonesia di dunia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan studi literatur serta penelusuran online. Hasil penelitian ini menunjukan langkah-langkah, peluang dan hambatan sampai dengan hasil apa saja yang diperoleh industri pertahanan dalam negeri dalam rangka turut serta memajukan kualitas teknologi alutsista negara melalui hubungan kerjasama bilateral dengan industri pertahanan asal belgia yang dilakukan dengan media perjanjian kedua belah pihak. Kesimpulan menunjukan PT. Pindad telah menjalankan perannya dalam membantu memajukan kualitas dari teknologi alutsista yang dimiliki oleh pertahanan Indonesia melalui kerjasama untuk penguasaan teknologi baru sampai ke tahap produksi secara mandiri. Meskipun dengan kendala-kendala yang dihadapi mulai dari keterbatasan anggaran sampai dengan menembus kebiasaan pertahanan Indonesia yang kerap melakukan pembelian instrument pertahanan dalam bentuk siap pakai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PT. Pindad, Alutsista, Defense Interest, Perjanjian Kerjasama Bilateral, Transfer of Technology
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59418

Actions (login required)

View Item View Item