Peran United Nation Economic And Social Commision For Asia And Pasific (Unescap) Dalam Revitalisasi Sungai Cikapundung Dikota Bandung (2012-2017)

Alifa, Andiani (2018) Peran United Nation Economic And Social Commision For Asia And Pasific (Unescap) Dalam Revitalisasi Sungai Cikapundung Dikota Bandung (2012-2017). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran serta upaya yang dilakukan oleh UNESCAP dalam Revitalisasi sungai Cikapundung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang diterapkan UNESCAP dalam revitalisasi sungai Cikapundung di Kota Bandung, untuk mengetahui kendala UNESCAP dalam revitalisasi sungai Cikapundung di Kota Bandung dan untuk mengetahui hasil dari revitalisasi sungai Cikapundung oleh UNESCAP di Kota Bandung. Metode Penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka diperkuat dengan wawancara narasumber. Adapun untuk menganalisa data, penulis memakai teknik analisis kualitatif. Peneliti mencoba menganalisis dengan pendekatan��pendekatan Hubungan Internasional, Organisasi Internasional, Peran Organisasi Internasional, dan Water security yang memudahkan dalam melakukan analisa pada penelitian ini. Kualitas air Sungai Cikapundung sebagai penyedia air baku untuk Bandung semakin menurun sebagai akibat dari perubahan penggunaan lahan yang tidak memiliki aturan lingkungan, sungai yang rawan longsor, erosi, fluktuasi besar debit air, penyempitan sungai menyebabkan pembangunan pemukiman ilegal, polusi dari limbah domestik, rumah sakit & pabrik, dan sedimentasi. Selain itu, pengelolaan air belum optimal memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Bandung. Hal ini mendorong UNESCAP (Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik) sebagai lembaga regional PBB yang konsen pada permasalahan sosial di kawasan Asia dan Pasifik untuk berperan mengembangkan (Infrastruktur Air Ramah Lingkungan) dalam revitalisasi sungai Cikapundung. Yang disebut metode ESWin merupakan metode baru yang menerapkan prinsip lingkungan dan efisiensi ekonomi. Hasil penelitian ini bahwa peran yang dilakukan oleh UNESCAP adalah dengan menerapkan program pengelolahan air bersih mereka yang disebut program ESWIn di sungai Cikapundung dengan membantu secara teknis dan non teknis berhasil dalam peningkatkan mutu air bersih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah UNESCAP telah berhasil mengembangkan dua proyek Rainwater Harvesting Management For Water Supply System dan Community-based Wastewater Treatment System untuk revitalisasi sungai Cikapundung dengan menjadi mediator, konseptor, dan inisiator, ini dilihat dari penerapan kedua proyek itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: UNESCAP, Peran, Revitalisasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59422

Actions (login required)

View Item View Item