Pengaruh Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Alokasi Dana Desa Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah

Novaryandi, Dicky (2018) Pengaruh Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Alokasi Dana Desa Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan di setiap SKPDes Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Fenomena yang terjadi adalah sistem informasi pengelolaan keuangan daerah belum berfungsi secara optimal dan alokasi dana desa masih terdapat kesalahan persepsi dalam pelaporannya, akibatnya kualitas laporan keuangan daerah belum menunjukan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah dan Alokasi Dana Desa terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah di setiap SKPDes Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai desa di setiap SKPDes Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat sebanyak 30 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah memiliki efek positif yang signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah dengan kontribusi sebesar 18,2%, (2) Alokasi Dana Desa memiliki efek positif yang signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah sebesar 54,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Alokasi Dana Desa, Kualitas Laporan Keuangan Daerah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59513

Actions (login required)

View Item View Item