Prototype Sistem Monitoring Buka Tutup Pintu Air Wilayah Sungai Ciwulan Daerah Irigasi Biuk Berbasis Iot (Internet Of Things)

A, and Hidayatullah, Hilmi (2018) Prototype Sistem Monitoring Buka Tutup Pintu Air Wilayah Sungai Ciwulan Daerah Irigasi Biuk Berbasis Iot (Internet Of Things). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bendung yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya menyalurkan air dari Wilayah Sungai Ciwulan ke Daerah Irigasi Biuk. Bendung tersebut memiliki 2 buah pintu penyalur air dan 1 buah pintu penguras, dimana dalam membuka tutup pintu air di bendung tersebut masih bersifat manual. Dalam melakukan penyaluran air petugas harus memantau ketinggian air di Daerah Irigasi Biuk dan ketinggian air di Wilayah Sungai Ciwulan, sehingga dibutuhkan petugas yang siap siaga di pintu air untuk mengontrol penyaluran air. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuat sistem yang dapat membantu petugas bendung dalam mengontrol pintu air dan memantau ketinggian air. Sistem ini memanfaatkan mikrokontroler arduino yang terhubung dengan sensor ultrasonik, sensor water level, motor servo, buzzer, lcd 16x2 dan modul GSM. Sistem monitoring buka tutup pintu air Wilayah Sungai Ciwulan Daerah Irigasi Biuk ini dapat dipantau dan dikendalikan melalui internet yang dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT). Dengan menggunakan teknologi internet sebagai media pengirim data, sensor ultrasonik dan sensor water level akan memberikan informasi ketinggian air dan motor servo sebagai penggerak pintu air untuk membuka tutup pintu air. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi kepada para respoden, 88% responden sangat setuju dengan adanya aplikasi sistem monitoring bendung, sehingga petugas dapat terbantu dengan adanya aplikasi sistem monitoring bendung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Monitoring, Bendung, Pintu Air, Internet of Things (IoT), Arduino.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59531

Actions (login required)

View Item View Item