Pembangunan Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Keluhan Pasien Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat

Aprilianto, Eko (2018) Pembangunan Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Keluhan Pasien Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat awalnya ialah gabungan dari 2 rumah sakit jiwa yang berbeda, yaitu rumah sakit jiwa Bandung dan rumah sakit jiwa Cimahi. Di Tahun 2009 secara legal telah diresmikan penggabungan antara kedua RSJ tersebut, berdasarkan PP No.41 Tahun 2007. Permasalahan yang terjadi ialah bagian pemasaran di RSJ kesulitan menentukan prioritas pelayanan yang harus diperbaiki berdasarkan keluhan pasien atau wali. Karena keluhan yang diutarakan tidak selalu sampai kepada petugas yang seharusnya dan petugas rumah sakit juga kesulitan dalam menentukan pelayanan yang harus didahulukan untuk diperbaiki pelayanannya. Berdasarkan masalah yang ada, maka dibutuhkan suatu sistem CRM. Tujuan pembangunan sistem ini untuk memudahkan bagian pemasaran RSJ dalam menentukan pelayanan yang harus di prioritaskan untuk ditingkatkan atau diperbaiki terlebih dahulu. Analisis yang digunakan ialah metode service quality, karena disesuaikan dengan fakta dan harapan pelayanan dilapangan yang telah diterima oleh pasien. Dari perhitungan nilai harapan dan fakta tadi akan menghasilkan nilai gap, yang mana hasil yang akan diambil untuk dapat di prioritaskan perbaikannya ialah yang memiliki nilai negatif paling besar. Lalu analisis ini juga menggunakan framewok dynamic of crm. Dari analisis penelitian ini menghasilkan bahwa pelayanan IGD yang harus di prioritaskan terlebih dahulu.Dilihat dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem yang dibangun sudah membantu dalam menentukan prioritas pelayanan yang harus ditingkatkan agar tidak terjadi peningkatan keluhan di pelayanan yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management,Service Quality, Pelayanan Rumah Sakit Jiwa
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59535

Actions (login required)

View Item View Item