Pembangunan Sistem Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di Cal7cio Sportwear

Wanidin, (2018) Pembangunan Sistem Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di Cal7cio Sportwear. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Cal7cio Sportwear merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konveksi yang terletak di Jl. Sindang Sari Barat, Kampung Sayuran RT/RW 03/07 Cijerah, Bandung Kulon, Jawa barat. Produk yang dihasilkan adalah jersey standar, jersey printing, jersey training, kemeja, t-shirt, dan polo shirt. Cal7cio Sportwear dalam mengelola usahanya menggunakan dua strategi yaitu push supply chain (make to stok) yaitu perusahaan melakukan pengadaan bahan baku secara periode dan pull supply chain (make to order) yaitu perusahaan hanya akan memproduksi jika ada pemesanan dari pelanggan. Permasalahan yang ada di Cal7cio Sportwear yaitu manajer pengadaan mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah pengadaan bahan baku yang harus dibeli kepada supplier, hal tersebut terjadi karena pemesanan dari pelanggan tidak pasti, jika pemesanan naik maka menyebabkan kekurangan bahan baku dan sebaliknya jika pemesanan turun makan terjadi penumpukan bahan baku di gudang, selain itu manajer pengadaan mengalami kesulitan dalam menentukan pengadan bahan baku setelah ada pemesanan dari pelanggan. Masalah lain yang ada di Cal7cio Sportwear yaitu menajer produksi kesulitan dalam menentukan tanggal selesai dan manajer pemasaran kesulitan menentukan informasi pengiriman produk, Berdasarkan permasalahan yang ada maka Cal7cio Sportwear membutuhkan sistem informasi dengan menggunakan pendekatan supply chain management. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah pengadaan pada bulan yang akan datang menggunakan metode peramalan single moving average sedangkan untuk menentukan pengadaan bahan baku setelah ada pemesanan dari pelanggan, menentukan tanggal selesai dan menentukan tanggal pengiriman menggunakan metosde just in time (JIT). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem dapat membantu perusahaan dalam menentukan jumlah bahan baku yang harus dibeli, menentukan tangal selesai produksi, dan tanggal pengiriman produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain management, push supply chain, make to stok, push supply chain, make to order, single moving average, just in time (JIT)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59537

Actions (login required)

View Item View Item