Pembangunan Aplikasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Bogie Kereta Api (Studi Kasus Di Balai Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pt Kereta Api Indonesia)

Novianti, (2018) Pembangunan Aplikasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Bogie Kereta Api (Studi Kasus Di Balai Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pt Kereta Api Indonesia). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Balai Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT Kereta Api Indonesia yaitu mengenai Pembangunan Aplikasi multimedia bogie kereta api bertujuan membangun media pembelajaran interaktif untuk pengajar dan peserta pendidikan dan pelatihan. Metodologi penelitian yang dilakukan terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data (wawancara, observasi, kajian pustaka), analisis (analisi masalah, analisis materi, analisis LMS, analisis basis data), pembangunan perangkat lunak menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle Luther Sutopo dan penarikan kesimpulan. Aplikasi yang dibangun berisi materi, latihan soal, simulasi dan evaluasi yang meliputi pengetahuan dasar bogie, komponen bogie, pemeliharaan dan perawatan bogie kereta api. Latihan Soal dan Evaluasi diberikan agar mengetahui pemahaman peserta mengenai materi pembelajaran bogie yang diberikan.Berdasarkan hasil pengujian aplikasi multimedia bogie kereta api diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi yang dibangun dapat menjadi alat bantu pembelajaran, membantu dalam menemukan referensi tambahan, membantu memaksimalkan waktu pendidikan dan pelatihan. Selain itu dengan adanya aplikasi yang dibangun dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan komponen bogie kereta api seperti gear box dan axle box pada saat praktikum apabila tidak ditangani sesuai dengan buku panduan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media, Aplikasi, Multimedia, Bogie Kereta Api, PT Kereta Api Indonesia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59541

Actions (login required)

View Item View Item