Pembangunan Aplikasi Perekomendasian Tempat Pengungsian Akibat Bencana Banjir Dari Petugas Lapangan Sungai Untuk Masyarakat Di Daerah Aliran Sungai Cimanuk - Cisanggarung

Try Ramdany, Angga (2018) Pembangunan Aplikasi Perekomendasian Tempat Pengungsian Akibat Bencana Banjir Dari Petugas Lapangan Sungai Untuk Masyarakat Di Daerah Aliran Sungai Cimanuk - Cisanggarung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

BBWS Cimanuk-Cisanggarung merupakan unit pelaksana teknik pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai dan memberikan sebuah pengumuman kepada masyarakat setempat mengenai keadaan sungai. Adapun yang menjadi latar belakang dari penelitian yaitu sulitnya petugas lapangan sungai untuk memberitahukan pengumuman kepada masyarakat yang akan terkena dampak banjir karena luapan sungai yang berada di DAS Cimanuk-Cisanggarung, dikarenakan pengumuman masih media yang sederhana yaitu menggunakan sirine dan ketongan atau tiang listrik. Teknologi geotagging dan dan Teknologi Fire Cloud Messaging (FCM) merupakan salah satu untuk membantu petugas lapangan memberi pengumuman kepada masyarkat melalui media smartphone yaitu notifikasi yang disertakan foto sungai dan lokasinya, selanjutnya sulitnya masyarakat yang dekat dengan DAS Cimanuk-Cisanggarung mendapatkan informasi tempat pengungsian sebelum terjadi banjir, dikarenakan banyak masyarakat memilih tempat pengungsian dengan pilihan sendiri. Hal demikian yang membuat pemerintah lebih ekstra untuk memberikan bantuan ke tempat pengungsian yang tidak diketahui. Teknologi Google Maps dapat membantu masyarakat menuju tempat pengungsian yang di rekomendasikan oleh pemerintah. Metode simple additive weighting yang digunakan dalam rekomendasi tempat pengungsian. Hasil penelitian menunjukan bahwa petugas lapangan sungai dan masyarakat dapat digunakan sebagai pemberian notifikasi sungai yang akan meluap dan menerima informasi tempat pengungsian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: FCM, Geotagging, Google Maps, Pengungsian, Notifikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59546

Actions (login required)

View Item View Item