Penerapan Metode Multiple Intelligences Menggunakan Perangkat Android (Studi Kasus Sekolah Internasional Eagle)

Jonathan, Morten (2018) Penerapan Metode Multiple Intelligences Menggunakan Perangkat Android (Studi Kasus Sekolah Internasional Eagle). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Multiple intelligences adalah sebuah teori kecerdasan yang pada mulanya hanya berada pada ranah dunia psikologi, namun sekarang teori tersebut sudah mulai diterapkan untuk dunia pendidikan, Multiple intelligences atau MI adalah sebuah teori yang memandang bahwa kecerdasan manusia tidak hanyal satu, bahkan hingga penelitian ini dilakukan Howard Gardner sebagai pencetus ide MI mengemukakan bahwa kecerdasan manusia memiliki 8 (delapan) jenis kecerdasan. Sekolah Eagle yang berada di Lembang Kab.Bandung Barat adalah salah satu sekolah yang menerapkan teori MI kedalam proses belajarnya, namun pada penerapannya ada beberapa masalah yang timbul yaitu data laporan hasil pengamatan berupa lembar ceklis tidak bisa memberikan hasil yang komprehensif dikarenakan orang yang memberikan penilaian hanya sebatas guru saja, selain itu faktor lain yang menjadi masalah adalah kertas data laporan tersebut sering hilang, masalah-masalah tersebut membuat pihak sekolah sulit untuk memaksimalkan penerapan metode MI di sekolah tersebut. Dengan menggunakan teknologi terkini, sebuah aplikasi android telah dibuat untuk mengatasi masalah tersebut, dimana para orang tua pun kini dapat memberikan penilaian kecerdasan bagi anaknya tujuannya adalah untuk membuat hasil yang lebih komprehensif dari sebelumnya, selain itu dengan menggunakan aplikasi android ini maka proses penilaian akan lebih cepat, sekaligus menghindari terjadinya kehilangan data penilaian. Hasil dari penerapan aplikasi ini pun cukup baik, itu terbukti dari hasil pengujian yang dilakukan penulis kepada pihak sekolah, mereka menyebutkan bahwa dengan aplikasi ini dapat meningkatkan proses penerapan metode MI di sekolah Eagle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan ganda, menilai kecerdasan, teknologi dalam dunia pendidikan, strategi mengajar dengan MI, MI di dunia pendidikan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59549

Actions (login required)

View Item View Item