Pembangunan Game Bandung Lautan Api Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Peristiwa Bersejarah Bandung Lautan Api

Juniar Nur, Muhammad (2018) Pembangunan Game Bandung Lautan Api Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Peristiwa Bersejarah Bandung Lautan Api. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bandung merupakan daerah dari Indonesia yang memiliki sejarahnya tersendiri. Sejarah besar yang dimiliki Bandung adalah Bandung Lautan Api. Namun seiring waktu berjalan sejarah mulai pudar dan dilupakan. Penyebabnya, pembelajaran sejarah yang ada pada saat ini hanya sebagai tempat menghafal tanggal-tanggal bersejarah. Sehingga ketertarikan masyarakat untuk belajar sejarah lebih jauh lagi menjadi berkurang. Game merupakan sebuah alat yang efektif untuk digunakan sebagai suatu media belajar karena game mampu menawarkan lingkungan hipotesis bagi penggunanya, dimana mereka dapat mengeksplorasi berbagai keputusan alternatif yang telah disediakan di dalamnya. Game yang dibangun bergenre first person shooter (FPS), FPS game memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata dan tangan, juga timing yang akan memberikan kesan menantang pada saat dimainkan serta platform yang digunakan adalah desktop. Oleh karena itu, dibangunlah game FPS bertemakan sejarah yaitu Bandung Lautan Api berbasis desktop dan dibangun menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) meliputi pitch, pre-production, main production, alpha, beta, master. Pemodelan sistem yang digunakan dalam pembangunan game yaitu Object Oriented Programming (OOP). Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi game alternatif pembelajaran sejarah Bandung Lautan Api sebagai media pembelajaran tambahan selain dari buku paket dapat mempermudah kegiatan pembelajaran sejarah terutama sejarah Bandung Lautan Api.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Pembelajaran, Bandung Lautan Api, Game Development Life Cycle (GDLC), First Person Shooter (FPS).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59550

Actions (login required)

View Item View Item