Dampak Perputaran Piutang Dan Leverage Terhadap Profitabilitas (Roa) (Survei Pada Perusahaan Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Ferida, Fera (2018) Dampak Perputaran Piutang Dan Leverage Terhadap Profitabilitas (Roa) (Survei Pada Perusahaan Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan didirikan bertujuan untuk memperoleh laba atau profitabilitas. Profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari aktivitas normal bisnisnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi profitabilitas (roa). Dalam penelitian ini digunakan 2 faktor yaitu perputaran piutang dan leverage. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perputaran piutang dan leverage pengaruhnya terhadap profitabilitas (roa) secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sumber data laporan keuangan tahunan dan annual report pada perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 13 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 9 perusahaan sektor otomotif dan komponen. Uji statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefesien korelasi, uji koefesien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan software IBM SPSS 20 sebagai alat analisis untuk mempermudah dalam menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perputaran piutang, leverage dan profitabilitas (roa) berfluktuasi dengan tren menurun. Selanjutnya, hasil analisis statistik menunjukan bahwa secara parsial perputaran piutang berpengaruh positif terhadap profitabilitas (roa), leverage berpengaruh negatif terhadap profitabilitas (roa) pada perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perputaran piutang, leverage dan profitabilitas (roa)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59576

Actions (login required)

View Item View Item