Pengaruh Partisipasi Masyrakat Terhadap Efektivitas Pogram Inovasi Pembangunan Pemberdayaan Dan Kewilayahan (Pippk) Di Kelurahan Dago Kecamatan Coblong Kota Bandung

Ainia, Khoirotul (2018) Pengaruh Partisipasi Masyrakat Terhadap Efektivitas Pogram Inovasi Pembangunan Pemberdayaan Dan Kewilayahan (Pippk) Di Kelurahan Dago Kecamatan Coblong Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keberhasilan dalam pencapaian sasaran pelaksanaan program pembangunan bukan semata-mata didasarkan pada kemampuan aparatur pemerintah, tetapi juga berkaitan dengan upaya mewujudkan kemampuan dan keamanan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program pembangunan. Untuk meningkatkan pembangunan di Kota Bandung maka pemerintah mengeluarkan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan atau yang disingkat PIPPK. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala dalam proses pelaksanaan pembangunan pada program PIPPK yang disebabkan oleh tingkat partisipasi masyarakat yang rendah, hal tersebut dijelaskan dengan mayoritas masyarakat yang tinggal di daerah tersebut yang berkewajiban untuk berpartisipasi dalam bentuk tenaga, mereka merasa bukan warga asli daerah tersebut yang berkewajiban untuk berpartisipasi dalam bentuk tenaga, peneliti juga menemukan terhambatnya proses pembangunan yang terkendala. Hal ini mengakibatkan PIPPK yang sudah direncanakan oleh masyarakat setempat berjalan kurang efektif dan banyak pembangunan yang tertunda.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori patrtisipasi dari slamet (1985:210) untuk variabel X terdiri dari 3 Dimensi yaitu Kesempatan, Kemauan, Kemampuan dan Teori Efektivitas dari Sedamaryanti (2009:60) untuk Variabel (Y) terdiri dari 4 Dimensi yaitu Input,Proses Produksi, Hasil(Output), Produktivitas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory reseach dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, angket , observasi dan dokumentasi. Sampel yang mewakili pada penelitian ini yaitu Ketua RT di Kelurahan Dago sejumlah 42 orang yang diperoleh melalui simple random sampling untuk statistik menggunakan analisis kolerasi pearson product moment yaitu mencari adanya hubungan 2 variabel sebelum kita mencari adanya suatu pengaruh dan koefesien Determinasi (KD) digunakan untuk mecari pengaruh keseluruhan antara partisipasi masyarakat terhadap efektivitas PIPPK di Kelurahan Dago Kecamatan Coblong Kota Bandung. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Partisipasi Masyarakat dalam PIPPK di Kelurahan Dago (X) sebesar 2310 dengan presentase 54,0% tergolong cukup kuat, adapun hasil dari Efektivitas dalam PIPPK di Kelurahan Dago (Y) sebesar 2520 dengan presentase 58,3% tergolong cukup kuat, dan nilai Koefisien Determinasi Partisipasi Masyarakat memberikan pengaruh terhadap Efektivitas dalam PIPPK di Kelurahan Dago sebesar 50,1%, sedangkan sisanya sebesar 49,9 % merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Efektivitas, Pembangunan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59643

Actions (login required)

View Item View Item