Efektivitas Program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) Melalui Website Http://Pesduk.Cimahikota.Go.Id Pada Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan Dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi

Fauzan, Riza (2018) Efektivitas Program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) Melalui Website Http://Pesduk.Cimahikota.Go.Id Pada Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan Dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Pesan Singkat Penduduk (PESDUK) merupakan sarana komunikasi antara masyarakat dengan Pemerintah Kota Cimahi dengan tujuan untuk menampung saran, pertanyaan, laporan, keluhan maupun dukungan atau aspirasi untuk mengkritik dan ikut serta dalam keputusan kebijakan yang akan diambil atau sudah ditetapkan untuk masyarakat. Saat pelaksanaannya masih banyak mengalami berbagai hambatan mulai dari kurangnnya sosialisasi pada pelaksanaan program, tingkat kepuasan masyarakat yang belum puas terhadap penaganan aparatur pada program Pesan Singkat Penduduk (PESDUK) melalui website http://pesduk.cimahikota.go.id. Penelitian ini menggunakan teori dari David Krech, Richard S. Cruhfied dan Egerton L. Ballachey menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang harus diperhitingkan dalam ukuran efektivitas yaitu jumlah hasil, tingkat kepuasan yang diperoleh, produk kreatif, dan intensitas yang akan dicapai. Metode yang peneliti gunakan yakni metode penelitian deskriptif dengan pendekat kualitatif. Data-data yang diperlukan oleh peneliti dengan menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan informan yang digunakan peneliti adalah teknik purposive yang ditunjukan oleh aparatur, teknik accidental yang ditunjukan kepada masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas program pesan singkat penduduk melalui website http://pesduk.cimahikota.go.id, yang dilakukan oleh Diskominfoarpus Kota Cimahi belum efektif dilihat dari jumlah dan hasil yang dikeluarkan Diskominfoarpus mempertimbangkan usaha dengan hasil pencapaian saat ini. Tingkat kepuasan yang diperoleh pada program PESDUK ini belum maksimal karena masih banyak masyarakat yang belum puas terhadap aparatur pengelola website. Produk kreatif yang tercipta pada pelaksanaan program PESDUK masih dikatakan belum cukup baik meski adanya peningkatan mutu E-Government di Kota Cimahi. Intensitas emosi aparatur dalam penanganan website http://pesduk/cimahikota.go.id belum terkontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Pesan Singkat Penduduk, Website
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59646

Actions (login required)

View Item View Item