Pelayanan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Pada Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Di Kota Bandung

Tesya Purba, Irma (2018) Pelayanan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Pada Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Di Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung merupakan pelaksana pelayanan dalam bidang perizinan dan penanaman modal. Salah satu pelayanan di DPMPTSP Kota Bandung yaitu pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bagi masyarakat yang memiliki usaha perdagangan. Pelayanan DPMPTSP Kota Bandung menerapkan e-goverment dalam perizinan secara online untuk memudahkan masyarakat, dan menghilangkan praktek pencaloan, namun masalah yang ditemukan di lapangan masih banyak masalah terkait keterlambatan waktu, praktek calo dalam pembuat SIUP secara online di Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan Yang dikemukakan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990:26). Menurutnya Terdapat lima dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan terdiri dari dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data dan penyajian data.Teknik penentuan informan yang digunakan, pertama adalah purposive yaitu aparatur DPMPTSP Kota Bandung dan yang kedua adalah accidental yaitu masyarakat pemohon SIUP di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi tangible dilihat dari fasilitas fisik dan peralatan sudah berjalan dengan baik, Kemudian dimensi reliability berupa keakuratan belum berjalan dengan baik, untuk dimensi responsiveness berupa ketanggapan aparatur belum berjalan dengan baik, assurance berupa jaminan ketepatan waktu belum berjalan dengan baik dan emphaty sudah berjalan dengan baik dalam pembuatan SIUP secara online di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, DPMPTSP, SIUP.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59647

Actions (login required)

View Item View Item