Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Provinsi Jawa Barat (Studi Tentang Pelayanan Kepada Pasien Pemilik Kartu Indonesia Sehat)

Saftary, Rizky (2018) Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Provinsi Jawa Barat (Studi Tentang Pelayanan Kepada Pasien Pemilik Kartu Indonesia Sehat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sebagai satu-satunya pusat rujukan pelayanan kesehatan yang sedang memberikan pelayanan menyeluruh dibidang kesehatan secara cermat dan tepat,ada beberapa kendala dalam mewujudkan pelayanan yang menyeluruh dikawasan Rumah Sakit Hasan Sadikin seperti proses pendaftaran tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, banyaknya keluhan dari masyarakat yang harus melakukan pendaftaran mulai dari subuh hingga menunggu pendaftaran, banyaknya pasien yang di tolak dan tidak mendapatkan fasilitas yang ada di Rumah Sakit. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kinerja organisasi dari Sinambela, (2006:13) yang terdiri dari 6 indikator yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive untuk aparatur dan accidental untuk pasien pemlik Kartu Indonesia Sehat khususnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah studi pustaka, studi lapangan serta observasi dengan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.Dalam Pelaksanaanya Penelitian ini masih banyaknya pasien yang menunggu antrian dari subuh sehingga terjadinya penumpukan pasien di kawasan RSHS khususnya kepada masyarakat pemilik Kartu Indonesia Sehat, mulai tidak meratanya pelayanan kepada pengguna KIS dan fasilitas yang tidak merata kepada penguna KIS. Dari kasus yang terjadi yang berada di kawasan RSHS sudah menjadi hal yang biasa namun masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran rawat jalan menggunakan KIS justru lebih di persulit. Dari berbagai Rumah Sakit yang ada hanya RSHS yang memiliki peralatan dan ruangan yang lebih banyak disbanding Rumah Sakit lainnya, namun sangat disayangkan dari RSHS peralatan yang cukup memadai namun peralatan tersebut hanya di pergunakan untuk kepentingan Pasien umum serta dipergunakan pada jam oprasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kartu Indonesia Sehat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59648

Actions (login required)

View Item View Item