Kinerja Aparatur Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (Studi Tentang Peningkatan Kesejahteraan Petani Waluh Di Wilayah Desa Pasirlangu)

Ahmad Fauzy, Diky (2018) Kinerja Aparatur Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (Studi Tentang Peningkatan Kesejahteraan Petani Waluh Di Wilayah Desa Pasirlangu). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permasalahan yang terdapat di Desa Pasirlangu yaitu salah satunya rendahnya keadaan ekonomi petani, tidak meratanya bantuan yag diberikan, masih kurang berjalan dengan baik potensi aparatur, dan minimnya penyuluhan dan pembinaan yang diberikan, dan kepada petani waluh di Desa Pasirlangu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kinerja menurut Sedarmayanti 2009:51, menurutnya terdapat lima aspek dalam mengukur kinerja aparatur yaitu: kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi.Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive untuk informan aparatur dan petani waluh di Desa Pasirlangu. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian mengenai kinerja aparatur Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat tentang peningkatan kesejahteraan petani waluh di wilayah Desa Pasirlangu belum optimal hal tersebut dapat dilihat dari kualitas kerja yang belum optimal, yang menjadi kendala yaitu sarana dan prasarana yang masih memiliki kekuarangan dan jumlah sumberdaya aparatur yang belum mencukupi, hal ini tidak seimbang dengan jumlah kelompok tani yang ada di Kabupaten Bandung Barat, salah satunya kelompok tani Desa Pasirlangu. Inisiatif aparatur Pemerintahan khususnya dalam peningkatan kesejahteraan petani belum terlaksana dengan baik, perhatian aparatur Pemerintahan yang masih terkadang menentukan skala mayoritas yang dipengaruhi oleh keterbatasan sumberdaya aparatur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Aparatur, Kesejahteraaan, Petani.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59650

Actions (login required)

View Item View Item