Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Perhubungan Kota Bandung Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Pelayanan Bus Trans Metro Bandung)

Agung Firmansyah, Yogi (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Perhubungan Kota Bandung Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Pelayanan Bus Trans Metro Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keadaan dan kondisi lalu lintas di Kota Bandung semakin hari mengalami peningkatan, dan berpengaruh terhadap angka kemacetan, hal ini disebabkan terus bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak dibarengi dengan pertumbuhan / jalan raya. Langkah Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk mengurangi jumlah angka kemacetan di Kota Bandung dengan memberikan solusi melalui angkutan transportasi umum bersifat massal yaitu pengoperasian bus Trans Metro Bandung. Seiring dengan pengoperasiannya bus Trans Metro Bandung, belum ada perubahan yang berarti pada lalu lintas Kota Bandung, dikarenakan belum berjalan secara optimalnya kualitas pelayanan bus Trans Metro Bandung yang dirasakan oleh masyarakat seperti beroperasinya armada lama, kondisi halte yang memprihatinkan, dan jarak interval waktu yang tidak tepat.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan (X) dari Zeithaml, Parasuraman, and Berry yang terdiri dari 5 dimensi yaitu tangible, realibility, resvonisveness, assurance dan emphaty, sedangkan teori dari Lupiyoadi mengenai kepuasan masyarakat (Y) terdiri pula dari 5 dimensi yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, angket, observasi dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang diperoleh melalui proportionate random sampling. Uji statistik penelitian menggunakan uji linear, uji korelasi Pearson Product Moment, uji hipotesis dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan Dinas Perhubungan Kota Bandung pada bus Trans Metro Bandung (X) sebesar 6150 dengan persentase 68,3% tergolong kuat, adapun hasil penelitian pada kepuasan masyarakat (Y) sebesar 3294 dengan persentase 65,8%. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil jawaban responden di ketiga koridor. Hubungan antara kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y) sebesar 9,54%, adapun besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 48,16% dan sisanya 51,84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59661

Actions (login required)

View Item View Item