Rancang Bangun Sistem Pengukur Tingkat Keasaman Dan Kadar Oksigen Terlarut Dengan Teknologi Film Tebal Berbasis Arduino

Muhamad Mutaqin, Agung (2018) Rancang Bangun Sistem Pengukur Tingkat Keasaman Dan Kadar Oksigen Terlarut Dengan Teknologi Film Tebal Berbasis Arduino. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik serta unjuk kerja daripada sensor pengukur tingkat keasaman dan kadar oksigen terlarut dengan menggunakan teknologi film tebal berbasis arduino. Pembuatan sensor dengan menggunakan teknologi film tebal dilakukan dengan menggunakan teknik screen printing. Sensor tersusun atas 4 buah elektroda yang dimuat kedalam sebuah substrat alumina. Elektroda-elektroda yang digunakan dalam pembuatan sensor pH adalah Silver Palladium yang diselimTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik serta unjuk kerja daripada sensor pengukur tingkat keasaman dan kadar oksigen terlarut dengan menggunakan teknologi film tebal berbasis arduino. Pembuatan sensor dengan menggunakan teknologi film tebal dilakukan dengan menggunakan teknik screen printing. Sensor tersusun atas 4 buah elektroda yang dimuat kedalam sebuah substrat alumina. Elektroda-elektroda yang digunakan dalam pembuatan sensor pH adalah Silver Palladium yang diselimuti oleh Ruthenium Oksida, dan hasil klorinasi antara Silver Palladium dengan FeCl3. Sedangkan untuk elektroda-elektroda sensor DO (Dysolved Oksigen) adalah Silver Palladium itu sendiri, dan Silver Palladium yang diselimuti oleh Ruthenium Oksida. Pada sisi bagian yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen di celupkan kedalam elektrolit jenuh KCl 3,5 M. Hasil output dari sensor pH akan melalui rangkaiaan penguat guna meningkatkan tegangan yang tidak bisa terbaca oleh mikrokontroler. Larutan uji yang digunakan untuk sensor pH menggunakan air kangen water yang memiliki label 2,5, 6, 7, 8.5, dam 9.5. Sedangkan larutan uji yang digunakan untuk sensor DO adalah air SUPERO2 yang memiliki kandungan kadar oksigen 10 kali lebih banyak daripada air minum biasa. Data yang diterima oleh mikrokontroler akan ditampilkan ke LCD 16 x 2 dan indikasi LED.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sensor pH, Sensor DO (Dysolve Oxygen), teknologi Film Tebal uti oleh Ruthenium Oksida, dan hasil klorinasi antara Silver Palladium d
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59665

Actions (login required)

View Item View Item