Rancang Bangun Sistem Monitoring Kadar Gas Amonia, Suhu, Kelembaban, Dan Pendataan Bobot Ayam Pada Peternakan Ayam Broiler Modern Berbasis Internet Of Things (Iot)

Abdul Jabar Malik Al, Tubagus and Hadi, (2018) Rancang Bangun Sistem Monitoring Kadar Gas Amonia, Suhu, Kelembaban, Dan Pendataan Bobot Ayam Pada Peternakan Ayam Broiler Modern Berbasis Internet Of Things (Iot). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Manajemen kandang yang buruk pada peternakan ayam broiler dapat mengakibatkan produktifitas dari ayam tersebut berkurang. Ada beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh manajemen kandang yang buruk, diantaranya kadar gas amonia yang berlebihan. Hal tersebut dapat mengakibatkan ayam pada peternakan terkena penyakit bahkan dapat menimbulkan kematian. Permasalahan lainnya adalah suhu yang tidak sesuai dengan ayam. Hal itu akan berakibat pada pertumbuhan ayam yang terganggu. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini penulis akan merancang sistem yang dapat memonitoring kadar gas amonia, suhu, kelembaban, dan sistem pengontrolan suhu, dikarenakan suhu yang dibutuhkan ayam tiap umur berbeda. Selain itu pada penelitian ini, penulis akan merancang sistem pendataan bobot ayam yang akan tercatat pada database. Hal ini guna untuk memantau pertumbuhan ayam pada peternakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membuat hasil dari rancangan alat rancang bangun alat monitoring kadar gas amonia, suhu, kelembaban, dan pendataan bobot ayam berbasis Internet Of Things menggunakan mikrokontroler. Mikrokontroler akan mengolah hasil dari pembacaaan sensor dan selanjutnya dikirim ke web server yang berperan sebagai database. Web server yang digunakan adalah Firebase. Selanjutnya dari web server data akan dikirim ke aplikasi smartphone agar data dari pembacaan sensor dapat dipantau melalui smartphone. Analisis data yang dilakukan berupa uji dari tiap pembacaan sensor dan keberhasilan data yang diterima oleh web server serta pengaksesan data melalui aplikasi smartphone. Dari hasil penelitian dan berdasarkan hasil pengujian, pembacaan dari tiap sensor dapat dimonitoring melalui aplikasi smartphone. Untuk pengujian dari sensor didapatkan galat baik dengan perbandingan dengan alat yang sudah di standarisasikan. Untuk galat rata �� rata dari sensor suhu mencapai 1,60%, untuk sensor kelembaban mencapai 3,48%, untuk sensor berat/ load cell mencapai 7,99 dan untuk sensor gas amonia MQ-135 sebesar 5,63%. Pengontrolan yang dilakukan pada sistem ini mempertahankan suhu berdasarkan set poin yang telah ditentukan. Terdapat sistem peringatan apabila suhu tidak sesuai dengan suhu ideal yang sudah ditentukan. Data dapat diakses secara real time menggunakan aplikasi smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Amonia, Suhu, Kelembaban, Bobot Ayam, Internet of Things
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59674

Actions (login required)

View Item View Item