Identifikasi Perubahan Guna Lahan Permukiman Menjadi Kegiatan Komersial Serta Dampaknya Terhadap Perubahan Mata Pencaharian Dan Pendapatan Masyarakat Di Kelurahan Lebak Gede Kota Bandung

Erlanda, Elda (2018) Identifikasi Perubahan Guna Lahan Permukiman Menjadi Kegiatan Komersial Serta Dampaknya Terhadap Perubahan Mata Pencaharian Dan Pendapatan Masyarakat Di Kelurahan Lebak Gede Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kelurahan Lebak Gede di tetapkan sebagai kawasan permukiman kepadatan sedang berdasarkan RTRW Kota Bandung tahun 2011-2031. Seiring dengan berkembangnya kawasan pendidikan di Kelurahan Lebak Gede berangsur-angsur lahan permukiman mengalami perubahan sistem kegiatan menjadi komersial untuk dimanfaatkan masyarakat menjadi produktif. Perubahan lahan disebabkan adanya kawasan pendidikan tinggi yang biasanya akan menyebabkan perubahan guna lahan pada sekitar kawasan tersebut. Selain itu, dapat mengubah kondisi ekonomi masyarakat. Akibatnya kondisi struktur perekonomian masyarakat dalam hal mata pencaharian dan pendapatan mengalami perubahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perubahan guna lahan yang terjadi di Kelurahan Lebak Gede dan dampak perubahan guna lahan tersebut terhadap kondisi ekonomi masyarakat dalam hal mata pencaharian dan pendapatan masyarakat, adapun sasaran yang ingin dicapai yaitu teridentifikasinya perubahan guna lahan permukiman menjadi kegiata komersial yang terjadi di Kelurahan Lebak Gede, teridentifikasinya dampak perubahan guna lahan terhadap mata Pencaharian dan Pendapatan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis overlay. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan lahan permukiman yang berubah menjadi kegiatan komersial sebesar 14,5 Ha. Sedangkan untuk mata pencaharian dan pendapatan dengan adanya kawasan pendidikan tinggi telah meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar 62 persen, masyarakat yang merasakan peningkatan pendapatan yaitu perdagangan dan jasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Lahan, Permukiman, Sistem Kegiatan, Komersial, mata Pencaharian, Pendapatan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59685

Actions (login required)

View Item View Item