Identifikasi Aspek Penyediaan Lahan Dam Mata Pencaharian Dari Proses Pembangunan Tol Cisumdawu (Studi Kasus : Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang)

Siyasi Sulthan, Vicry (2018) Identifikasi Aspek Penyediaan Lahan Dam Mata Pencaharian Dari Proses Pembangunan Tol Cisumdawu (Studi Kasus : Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Sumedang yaitu Kecamatan Pamulihan. Kecamatan ini letaknya berbatasan dengan Kecamatan Rancakalong dan terdiri atas 11 desa. Pada dasarnya Kecamatan Pamulihan merupakan lokasi yang strategis untuk pengembangan kedepannya karena nantinya akan ada akses interchange Tol di Kecamatan Pamulihan. Berdasarkan PDRB Kabupaten Sumedang, sektor yang memberikan konstribusi tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Pamulihan yaitu perdagangan dan jasa. Hal ini dapat ditunjukkan di salah satu wilayah Kecamatan Pamulihan tepatnya di Desa Cigendel banyak masyarakat yang melakukan kegiatan perdagangan di sepanjang ruas jalan nasional Bandung-Cirebon. Selain itu sesuai dengan RTRW Kabupaten Sumedang pasal 35 yang menjelaskan bahwa adanya pengembangan Kawasan Pariwisata Pangjugjugan yang terletak di Desa Cilembu menjadi salah satu program pengembangan di Kecamatan Pamulihan. Sehingga terhadap perencanaan tersebut dapat mendukung dari akses interchange tol yang terletak di Kecamatan Pamulihan itu sendiri.Hasil Penelitian menunjukan tentang dampak perubahan lahan yang terjadi di ke 4 (empat) desa yang ada di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang yaitu Desa Ciptasari, Desa Pamulihan, Desa Cigendel dan Desa Citali.Masing masing Desa tersebut berbeda beda jenis lahan yang terkena perubahan lahan dan yang paling luas yang terkena perubahan lahan yaitu terjadi di Desa Citali dengan luas 30,09 Ha sedangkan yang paling sedikit yaitu Desa Cigendel dengan luas 5,4 Ha.Sedangkan untuk dampak perubahan ekonomi berdasarkan mata pencaharian yang terjadi di ke 4 (empat) Desa yang ada di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Untuk perubahan ekonomi berdasarkan mata pencaharian sebelum adanya pembangunan tol cisumdawu yang paling tinggi yaitu dari segi perdagangan, yaitu dengan presentase 25%. Sedangkan untuk dampak perubahan ekonomi berdasarkan mata pencaharian sesudah adanya pembangunan tol Cisumdawu yang paling tinggi yaitu dari segi pekerja bangunan dengan presentase 32%, artinya dengan adanya pembangunan tol cisumdawu bisa berpengaruh terhadap mata pencaharian masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Guna lahan, Mata pencaharian, Aspek Penyediaan Lahan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59688

Actions (login required)

View Item View Item