Pemenuhan Strategi Pada Penjadwalan Ruangan Kuliah Mahasiswa Kelas Reguler Menggunakan Algoritma Heulistik Di Universitas Komputer Indonesia

Filda Fauziah, Nofia (2018) Pemenuhan Strategi Pada Penjadwalan Ruangan Kuliah Mahasiswa Kelas Reguler Menggunakan Algoritma Heulistik Di Universitas Komputer Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penjadwalan merupakan permasalahan kompleks yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti ketersediaan jadwal dosen, matakuliah, ketersediaan ruangan dan waktu. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah setiap stakeholder yang terlibat dalam penjadwalan memiliki strategy atau kebutuhan masing masing yang harus dipenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan dan implementasi untuk penyusunan penjadwalan ruangan mahasiswa kelas reguler secara otomatis sekaligus memberikan keterbaruan yaitu dapat memenuhi kebutuhan dari setiap stakeholder yang terlibat dan memberikan nilai bisnis lebih berupa analisis ruangan kosong. Metoda yang digunakan adalah Heuristik yang berfungsi untuk membantu mempersingkat waktu dalam pencarian kombinasi-kombinasi yang harus dicocokan terutama pada kasus yang memiliki data yang cukup banyak maka algoritma heuristik membantu dalam mengelompokan bagian yang harus diprioritaskan agar persentase tingkat keterjadwalannya lebih baik. Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan platform Windows. Algoritma yang digunakan adalah penggabungan dari Algoritma Genetika dan Tabu Search dimana Algoritma Genetika berfungsi untuk mencari kombinasi jadwal dengan nilai fitness tertentu dan Tabu Search digunakan untuk mempertahankan nilai fitness tidak pernah turun. Sehingga dengan menggunakan Algoritma Genetika dan Tabu Search dapat dibuat sistem penjadwalan dengan nilai fitness yang tinggi dan jumlah iterasi yang sedikit. Telah dilakukan kegiatan berupa 2 kali pengujian, pertama dengan menguji pengaruh jumlah populasi dan generasi terhadap nilai fitness, pengujian kedua dengan menguji pengaruh jumlah strategy dari setiap stakeholder yang dijadikan consraint terhadap nilai fitness yang terlibat dimulai penyusunan jadwal dengan jumlah constraint yang sedikit yang dimasukan kedalam penjadwalan kemudian meningkatkan jumlah contraint kedalam penjadwalan hingga semua constraint masuk kedalam penjadwalan. Hasil yang diperoleh adalah semakin banyak contraint yang harus dipenuhi maka semakin banyak jumlah iterasi yang dibutuhkan untuk mencapai nilai fitness terbaik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah contraint yang dimasukan kedalam penyusunan jadwal berpengaruh terhadap tingkat akurasi keterjadwalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Heuristik, Algoritma Genetika, Tabu Search.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59700

Actions (login required)

View Item View Item