Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Komputerisasi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia Menggunakan Algoritma Genetika

Maulana Yusuf, Doddy (2018) Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Komputerisasi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia Menggunakan Algoritma Genetika.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penjadwalan matakuliah merupakan proses penyusunan jadwal pelaksanaan yang menginformasikan sejumlah matakuliah yang diberikan, dosen yang mengajar, ruang tempat belajar, waktu serta mahasiswa yang mengambil matakuliah tersebut. Penjadwalan matakuliah pun harus memenuhi batasan-batasan (constraint) yang sudah ditentukan, maka perlu memperhatikan berbagai aspek yang mempengaruhi penjadwalan matakuliah. Dari aspek dosen, kita perlu memperhatikan kemungkinan dosen yang bersangkutan tidak dapat mengajar karena kegiatan akademik yang lain, dosen mengajar lebih dari satu mata kuliah pada hari dan jam yang sama serta dosen sudah memiliki jadwal mengajar di jurusan lain.Algoritma genetika merupakan pendekatan komputasional untuk menyelesaikan masalah yang dimodelkan dengan proses biologi dari evolusi. Diharapkan dengan digunakannya algoritma genetika akan diperoleh penjadwalan matakuliah dimana terjadi kombinasi terbaik untuk pasangan matakuliah dan dosen pengajar secara keseluruhan, serta tidak ada permasalahan jadwal yang beririsan.Hasil dari algoritma genetika untuk penjadwalan matakuliah yaitu mendapatkan kombinasi terbaik untuk pasangan matakuliah dan dosen pengajar secara keseluruhan, serta ketersediaan ruang yang cukup dan sesuai secara fasilitas untuk seluruh matakuliah yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Matakuliah, Algoritma Genetika, Constraint.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59701

Actions (login required)

View Item View Item