Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah No 21 Tahun 2007 Tentang Alokasi Dana Desa (Studi Pada Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu)

Supriyadi, Asep (2018) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah No 21 Tahun 2007 Tentang Alokasi Dana Desa (Studi Pada Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2007 tentang Alokasi Dana Desa pada peningkatan pembangunan infrastruktur perdesaan di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Permasalahan yang timbul dalam peningkatan pembangunan infrastruktur yaitu masih belum meratanya pembangunan infrastruktur perdesaan yang mendukung aksesibilitas masyarakat desa seperti akses jalan gang kecil atau jalan setapak sebagian masih ada yang belum diperbaiki apalagi akses jalan menuju persawahan yang masih berupa jalan tanah. Selain jalan ada juga drainase di beberapa titik lokasi pemukiman masyarakat masih sering terjadi adanya genangan air dan saluran air yang tidak digunakan secara optimal sebagai saluran pembuangan air oleh masyarakat desa. Teori ang digunakan dalam penelitian ini yaitu implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Edwards III yang terdiri dari empat sub variabel yaitu komunikasi (communication), sumber daya (resources), disposisi (dispositions), dan struktur birokrasi (bureaucratic structure). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive untuk kepala desa, sekertaris desa dan masyarakat di Desa Bulak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Perda tentang ADD khususnya pada peningkatan pembangunan infrastruktur perdesaan masih belum optimal dan masih terdapat permasalahan yang terjadi dilapangan. Permasalahan tersebut dari segi komunikasi yaitu penyampaian informasi, dari segi sumberdaya yaitu sumberdaya manusia, dari segi disposisi yaitu insentif dan dari segi struktur birokrasi yaitu mengenai SOP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Implementasi Kebijakan, Peraturan Daerah, Alokasi Dana Desa, Pembangunan dan Pembangunan Infrastruktur
Subjects: S2 Thesis > Magister Manajemen > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59714

Actions (login required)

View Item View Item