PENGARUH PELAKSANAAN EVENT SPONSORSHIP TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PRODUK STUDY PADA KONSUMEN DJARUM SUPER DI WILAYAH BANDUNG SELATAN

Yuwono, Andoko (2005) PENGARUH PELAKSANAAN EVENT SPONSORSHIP TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PRODUK STUDY PADA KONSUMEN DJARUM SUPER DI WILAYAH BANDUNG SELATAN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam usahanya mempertahankan sebuah produk rokok, PT. Djarum melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi kendala-kendala yang akan muncul, seperti tingkat persaingan yang makin ketat dibidang industri rokok filter. Strategi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut yaitu melakukan event sponsorship dengan membuat sebuah perbedaan terhadap produknya. Agar citra produk tersebut dapat terus tumbuh di dalam benak konsumen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu pertama untuk mengetahui pelaksanaan event sponsorship yang dilakukan oleh PT. Djarum, kedua untuk mengetahui tanggapan responden terhadap pembentukan citra produk Djarum, dan yang ketiga untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan event sponsorship berpengaruh terhadap pembentukan citra produk Djarum. Dalam penelitian ini pelaksanaan event sponsorship disebut sebagai variabel bebas dan pembentukan citra produk disebut sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode survey, yaitu metode penelitian yang dilakukan berkaitan dengan data primer. Jenis penelitiannya adalah deskriptif (menggambarkan) dan verifikatif (membuktikan), sehingga akan memberikan gambaran-gambaran secara sistematis, berdasarkan fakta dan akurat mengenai solusi terhadap fenomena sosial yang terjadi pada masyarakat saat ini serta mengaju ada atau tidak adanya hubungan kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan uji validitas-reliabilitas dan korelasi rank spearman, diketahui bahwa pelaksanaan event sponsorship memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan citra produk. Pengujian koefisien determinasi menghasilkan t hitung sebesar 15,009 lebih besar dari t tabel sebesar 2,003 sehingga hipotesis H0 ditolak. Nilai korelasi yang dihasilkan dari data sampel adalah sebesar 0,884. Jika berpedoman pada kriteria keeratan hubungan kedua variabel tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat kuat antara pelaksanaan event sponsorship terhadap pembentukan citra produk Djarum. Sedangakan hasil perhitungan dari koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh pelaksanaan event sponsorship terhadap pembentukan citra produk Djarum, yaitu sebesar 78%. Ini berarti pembentukan citra produk Djarum benar-benar dipengaruhi oleh pelaksanaan event sponsorship, sedangkan sisanya 22% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item View Item