Sistem Informasi Perencanaan Dan Pengendalian Produksi Dengan Pendekatan Material Requirement Planning (MRP) DI PT. Tanabe Indonesia

Anggraini Putri, Tiara (2016) Sistem Informasi Perencanaan Dan Pengendalian Produksi Dengan Pendekatan Material Requirement Planning (MRP) DI PT. Tanabe Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Tanabe Indonesia merupakan perusahaan farmasi yang bergerak di bidang penelitian, produksi, dan penjualan obat-obatan bagi manusia. Sebagai perusahaan penghasil produk tugas utamanya adalah melaksanakan kegiatan produksi untuk menghasilkan produk. Penelitian ini mengangkat kasus yaitu dalam menentukan jumlah obat yang akan diproduksi sehingga dapat terjadinya kelebihan dan kekurangan akan persediaan obat dan juga sulitnya untuk mengendalikan kebutuhan bahan baku untuk kegiatan produksi sehingga mengakibatkan kekurangan dan kelebihan bahan baku.Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan membangun sistem informasi perencanaan dan pengendalian produksi dengan pendekatan Material Requirement planning di PT. Tanabe Indonesia. Tujuannya adalah untuk membantu kegiatan perencanaan produksi dalam menentukan jumlah produksi obat yang akan diproduksi dengan proses peramalan serta memudahkan Departemen PPIC untuk mengendalikan bahan baku berdasarkan pada jumlah produksi setiap periodenya. Metode yang diguanakan dalam peramalan adalah Single exsponensial smoothing. Sedangkan metode untuk mengendalikan ketersediaannya bahan baku untuk proses produksi yaitu dengan Material Requirements Planning. Berdasarkan hasil pengujian, maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang telah dibangun sudah dapat membantu Departemen PPIC dalam merencanakan jumlah produksi obat yang akan diproduksi untuk satu bulan berikutnya serta sudah membantu dalam proses pengendalian bahan baku untuk produksi berdasarkan jadwal induk produksi yang akan dilakukan untuk satu bulan selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Material Requirements Planning, peramalan, pengendalian, Single exsponensial smoothing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item