PENGARUH HARGA KAMAR TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL KEDATON BANDUNG

Purwati, Sandhi (2005) PENGARUH HARGA KAMAR TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL KEDATON BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan perekonomian dan bisnis mengakibatkan banyak orang yang melakukan perjalanan ke luar kota baik untuk tujuan bisnis maupun untuk berekreasi, sehingga hal ini menimbulkan kebutuhan akan jasa hotel. Kebutuhan tersebut harus dipenuhi dan adanya kebutuhan ini menjadi suatu peluang yang baik dan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang bergerak dalam usaha jasa perhotelan. Akan tetapi peluang tersebut tidak terlepas dari persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan lain yang menghasilkan jasa sejenis Hotel Kedaton Bandung adalah salah satu hotel terkemuka di kota Bandung yang kini menjadi hotel pilihan bagi banyak kalangan bisnis dan wisatawan. Sebagai hotel yang belum lama berdiri, Hotel Kedaton Bandung berada pada suatu daerah persaingan hotel yang lokasinya saling berdekatan. Hal ini menimbulkan persaingan harga kamar yang berfluktuasi, sehingga mempengaruhi keputusan menginap konsumen. Berdasarkan hal diatas, maka penulis melakukan penelitian pada perusahaan dengan judul “Pengaruh Harga Kamar Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pada Hotel Kedaton”. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang tujuan penyelidikannya adalah untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya sehubungan dengan bahan permasalahan mengenai variabel-variabal yang diteliti. Dan didalam memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menyebarkan kuesioner dengan jumlah sample 50 orang. Tingkat harga kamar pada Hotel Kedaton Bandung berdasarkan hasil kuesioner adalah kuat 75,2 %. Dan tingkat keputusan konsumen pada Hotel Kedaton Bandung berdasarkan hasil kuesioner adalah sedang 72,3 %. Dari pengujian statistik, hasil korelasi adalah r = 0.509, yang berarti bahwa antara harga kamar dan keputusan konsumen memiliki keeratan yang sedang, dimana diperoleh koefisien determinasi = 25,90 %, yang artinya bahwa keputusan konsumen dipengaruhi oleh harga kamar sebesar 25,90 %, dan sisanya sebesar 74,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti. Sedangkan nilai t hitung adalah 4,0965 dan t tabel pada dk = 50 dan α = 0,1 adalah 1,684, maka t hitung > t tabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh harga kamar dengan keputusan menginap konsumen.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item View Item