PENGARUH KUALITAS TERIGU SEGITIGA BIRU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KONSUMEN Studi Terhadap Konsumen Rumah Tangga Pengguna Terigu Segitiga Biru di Wilayah Kota Soreang, Kabupaten Bandung

Jauhari, Agus (2005) PENGARUH KUALITAS TERIGU SEGITIGA BIRU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KONSUMEN Studi Terhadap Konsumen Rumah Tangga Pengguna Terigu Segitiga Biru di Wilayah Kota Soreang, Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hingga kini, kualitas produk tetap menjadi bagian dari strategi bisnis untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Perusahaan yang menjadikan kualitas sebagai alat strategi akan memiliki keunggulan bersaing terhadap perusahaan pesaing dalam menguasai pasar karena tidak semua perusahaan mampu mencapai superioritas kualitas. Bogasari sebagai produsen terigu merek Segitiga Biru dan sebagai produsen terigu terbesar di Indonesia tidak akan terlepas dari kondisi tersebut. Oleh karena itu Bogasari dituntut untuk melakukan kendali mutu yang lebih baik agar Bogasari mampu memenuhi harapan konsumen sehingga tetap melakukan pembelian ulang terhadap produk-produk Bogasari. Dalam penelitian ini difokuskan pada kualitas terigu Segitiga Biru dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel secara iteratif karena populasinya tidak diketahui, sehingga diperoleh 65 responden dari sampel minimal 63. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan telaah literatur. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah kualitas terigu Segitiga Biru mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Dengan menggunakan analisis korelasi spearman, diketahui bahwa kualitas terigu Segitiga Biru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Pengujian koefisien korelasi menghasilkan thitung sebesar 2,69 sedangkan ttabel sebesar 1,999, jelas terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga hipotesis Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, nilai koefisien korelasi Rank Spearman adalah sebesar 0,321 sedangkan koefisien determinasi sebesar 10,3 %. Hal ini berarti bahwa 10,3 % dari keputusan pembelian ulang konsumen di kota Soreang, kabupaten Bandung, dipengaruhi oleh kualitas terigu Segitiga Biru sedangkan sisanya sebesar 89,7% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item