PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SUPERINDO DAGO - BANDUNG

Nur Obayani, Nuri (2005) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SUPERINDO DAGO - BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya daya beli masyarakat, banyaknya pilihan produk, pelanggan yang lebih emosional dan berubahnya motif seseorang dalam berbelanja, dimana kegiatan berbelanja tidak hanya sebagai kesiatan fungsional semata tetapi juga sebagai kegiatan pengisi waktu, rekreasi, hiburan atau bahkan sebagi pelepas sters mengakibatkan semakin ketatnya persaingan bisnis ritel. Agar dapat memenangkan persaingan yang ketat ini, retailer harus dapat menerapkan srategi yang tepat. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) yang mengintegrasikan People, Process, dan Technology seoptimal mungkin sehingga akan menciptakan, meningkatkan dan mempertahankan pelanggan yang setia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan Superindo-Dago Bandung, untuk mengetahui loyalitas pelanggan, dan untuk mengkaji hasil dari pengaruh Costomer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian survey dengan penjelasan yang bersifat deskriptif dan verifikatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan variabel bebas (X) adalah Customer Relationship Management (CRM) dan variabel terikat (Y) adalah Loyalitas pelanggan di Superindo-Dago Bandung. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner secara systematic random sampling dan responden berjumlah 96 pelanggan. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara CRM terhadap Loyalitas pelanggan digunakan analisis korelasi Rank Spearman. Dari hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima sehingga CRM menpunyai korelasi yang sedang dan positif terhadap loyalitas pelanggan di Superindo-Dago Bandung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,540 dan koefien determinasi sebesar 29,16% yang menunjukan bahwa CRM berpengatuh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan 70,84% nya dipengatuhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item