Analisis Meminimalkan Biaya Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ, POQ Dan Silver Meal (Studi Kasus Di PT. Sinar Alam Pasundan)

Pambudi, Teguh (2016) Analisis Meminimalkan Biaya Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ, POQ Dan Silver Meal (Studi Kasus Di PT. Sinar Alam Pasundan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Sinar Alam Pasundan awalnya hanya bergerak dalam produksi pupuk, namun melihat dinamika pasar yang terus tumbuh dan berkembang. Saat ini PT Sinar Alam Pasundan memasuki ruang bisini baru dengan menambah satu divisi yang menangani produksi Veneer. Proses produksi pembuatan Veneer tentu perlu adanya bahan baku, biaya persediaan bahan baku mempengaruhi besar kecilnya ongkos produksi yang berdampak pada keuntungan yang diperoleh perusahaan. Saat ini biaya persediaan bahan baku perusahaan sangat tinggi karena tidak adanya kontrol frekuensi dan kuantitas pembelian bahan baku. Meminimalkan biaya persediaan bahan baku, saat melakukan proses pembelian untuk mengetahui frekuensi dan kuantitas pembelian bahan baku yang dibutuhkan digunakan metode economic order quantity (EOQ), periodic order quantity (POQ) dan silver meal. Dalam ketiga metode yang digunakan, masing-masing metode berfokus pada bagian yang berbeda guna menghemat pengeluaran biaya persediaan yang dialami perusahaan. Ketiga metode,tersebut menghasilkan biaya yang berbeda dan lebih kecil daripada biaya persediaan bahan baku awal perusahaan. Perubahan biaya menyebabkan frekuensi pembelian dan kuantitas pembelian bahan baku lebih terkontrol. Metode yang sebaiknya digunakan oleh perusahaan yaitu metode economic order quantity (EOQ) karena menghasilkan biaya paling kecil yaitu, sebesar Rp 5.822.846,66 dengan penghematan sebesar Rp 31.715.613,9, jika dibandingkan dengan biaya persediaan awal perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Biaya Persediaan Bahan Baku, Economic Order Quantity, Periodic Order Quantity, Silver Meal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item