PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN (ATMOSPHERE) PASAR SWALAYAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPER INDO CABANG DAGO DI BANDUNG

Permana, Hendra (2005) PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN (ATMOSPHERE) PASAR SWALAYAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPER INDO CABANG DAGO DI BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berkembangnya bisnis eceran di Indonesia beberapa tahun terakhir ini cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perusahaan yang terjun pada bisnis eceran tersebut. Banyaknya perusahaan yang terjun pada bisnis eceran, tidak terlepas dari banyaknya tuntutan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya sehingga persaingan yang terjadi semakin ketat dan pada akhirnya perusahaan yang memiliki suasana lingkungan (atmosphere) yang baik yang akan mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pasar swalayan Super Indo Cabang Dago sebagai salah satu pelaku dalam jasa penjualan eceran, tidak terlepas dari kondisi tersebut. Oleh karena itu Super Indo Cabang Dago juga dituntut untuk memiliki suasana lingkungan (atmosphere) yang baik agar mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Maka dari itu penulis mengambil judul penelitian ini dengan judul “Pengaruh Suasana Lingkungan (Atmosphere) Pasar Swalayan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Super Indo Cabang Dago Di Bandung”. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode penelitian verifikatif. Sampel dari penelitian ini sebanyak 95 orang yang merupakan konsumen atau pengunjung pasar swalayan Super Indo Cabang Dago. Untuk dapat mengalisis sejauh mana pengaruh suasana lingkungan pasar swalayan terhadap proses keputusan pembelian konsumen maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan Software SPSS 12.0 for Windows. Dari hasil wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada responden, diketahui bahwa pihak Super Indo Cabang Dago telah menerapkan unsur-unsur suasana lingkungan untuk menarik dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian dan pengolahan data yang ada bahwa penerapan suasana lingkungan pasar swalayan mempunyai derajat hubungan yang cukup erat yaitu sebesar 24,5 % dan sisanya sebesar 75,5 % dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item