PERANAN BIAYA PERIKLANAN (ADVERTISING) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KAMAR DI HOTEL GEULIS BANDUNG

Yuddie, Endy (2005) PERANAN BIAYA PERIKLANAN (ADVERTISING) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KAMAR DI HOTEL GEULIS BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui peranan biaya advertising terhadap penjualan kamar di Hotel Geulis Bandung. Melihat kondisi dan situasi persaingan jasa akomodasi saat ini, pihak manajemen Hotel Geulis sangat menyadari beratnya kesinambungan operasional hotel. Dengan demikian untuk menarik banyak tamu untuk menginap di hotel atau tamu tamu yang mempergunakan fasilitas-fasilitas yang ada di Hotel Geulis. Maka sangat penting untuk memahami dinamika selera konsumen yang menjadi target pasarnya dan bagaimana caranya agar dapat memuaskan mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pihak Hotel Geulis Bandung adalah dengan melakukan periklanan (advertising) yang baik dan berkualitas, sehingga diharapkan tamu tersebut dapat menginap kembali di Hotel Geulis Bandung pada masa yang akan datang. Hotel Geulis Bandung lebih menitikberatkan pada hunian kamar atau penyewaan sarana kamar. Hunian kamar (room occupancy rate) atau penjualan kamar atau penyewaan sarana kamar, merupakan tujuan dari setiap usaha perhotelan yaitu mencari keuntungan dengan menyewakan fasilitas atau menjual pelayanan yang berkualitas kepada para tamunya. Dengan demikian diharapkan dengan kualitas pelayanan yang tinggi akan meningkatkan penjualan kamar di Hotel Geulis Bandung. Yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah biaya periklanan (advertising) serta peranannya di dalam meningkatkan tingkat hunian kamar (room occupancy rate). Berlokasi di Hotel Geulis Bandung jalan Ir. H. Juanda No. 129 Dago, Bandung – Indonesia. Adapun tujuan serta judul dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar “Peranan Biaya Periklanan (advertising) dalam Meningkatkan Penjualan Kamar di Hotel Geulis Bandung”. Advertising mempunyai peranan yang berarti terhadap peningkatan penjualan kamar dimana terdapat hubungan yang erat dan positif antara dua variabel tersebut, yaitu sebesar 0,47 atau 47%. Sedangkan besarnya peranan biaya advertising terhadap tingkat penjualan kamar adalah sebesar 22,09% dan sisanya sebesar 77,91% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Pengujian signifikasi diperoleh nilai t hitung sebesar 0,92 dengan menggunakan nilai signifikasi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk = 3) adalah sebesar t tabel = 2,353. ketentuannya jika t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian berdasarkan analisa perhitungan tersebut di atas, memberikan kesimpulan bahwa “Biaya Advertising Berperan dalam Meningkatkan Penjualan Kamar (room occupancy rate)”.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6134

Actions (login required)

View Item View Item