Usulan Penentuan Waktu Penggantian Komponen KIT Pada Lokomotif CC 201 Dengan Menggunakan Metode Ade Replacement Di PT. Kereta Api Indonesia

Nurzahaya Pakpahan, Friska (2016) Usulan Penentuan Waktu Penggantian Komponen KIT Pada Lokomotif CC 201 Dengan Menggunakan Metode Ade Replacement Di PT. Kereta Api Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Kereta Api sebagai perusahaan yang bergerak dibidang sektor jasa transportasi. Salah satu sarana penting dalam penyelenggaraan transportasi kereta api adalah lokomotif. Lokomotif adalah bagian dari rangkaian kereta api dimana terdapat mesin untuk menggerakkan kereta api. Lokomotif yang sering mengalami tingkat frekuensi kerusakan yang sangat tinggi adalah lokomotif CC 201. Di bagian lokomotif CC 201 terdapat beberapa bagian komponen yang rutin dilakukan maintenance yaitu komponen KIT. Penggantian komponen KIT dilakukan dalam interval waktu per 3 bulan dan dalam setahun terjadi perawatan sebanyak 4 kali. Penggantian komponen KIT 3 bulan CC 201 selama setahun sebanyak 29 kali. Sering terjadinya kegiatan penggantian komponen KIT 3 bulan mengakibatkan terjadinya waktu kerusakan (downtime) yang tidak dikehendaki.Age Replacement adalah metode yang tepat digunakan karena metode ini menentukan interval waktu penggantian komponen dengan memperhatikan umur pemakaian dari komponen tersebut sehingga dapat menghindari terjadinya penggantian peralatan yang masih baru dipasang akan diganti dalam waktu yang relatif singkat. Metode ini sangat tepat diterapkan terhadap komponen yang lainnya relatif tidak mempengaruhi komponen lain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat bagian mesin dari lokomotif yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah komponen KIT 3 bulan. Tahapan dalam menentukan penggantian komponen KIT 3 bulan yang optimal yaitu menentukan waktu antar kerusakan, tingkat keandalan (reliability) dan interval waktu penggantian dan ongkos penggantian komponen KIT 3 bulan. Hasil perhitungan dengan metode age replacement interval waktu penggantian yang tepat yaitu pada hari ke 78 dengan biaya yang dikeluarkan Rp 56.384,18,-/hari dan uarkan selama 78 hari Rp 4.397.996,82. Sedangkan tindakan perbaikan yang diusulkan adalah menggunakan interval waktu penggantian komponen KIT 3 bulan pada hari ke 78 dan membuat koordinasi yang lebih baik antar bagian pengoperasian serta bagian maintenance.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: maintenance, komponen kritis, age replacement
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item