PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MATAHARI KINGS PLAZA BANDUNG

Kresni M R, Sri (2005) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MATAHARI KINGS PLAZA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan dalam bisnis eceran akhir-akhir ini semakin ketat. Dapat terlihat bahwa di berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti di bandung menjadi tempat wisata belanja dengan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan baru. Inilah yang menyebabkan tingkat persaingan di bisnis eceran ini jadi sangat ketat. Agar dapat memenangkan persaingan yang ketat ini, para pengusaha retailer harus semakin peka terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Starategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan daya saing dari perusahaan retail itu sendiri, sehingga pihak management dari para retailer ini harus menentukan program-program pemasaran yang bagaimanakah yang dapat langsung dapat diterima oleh konsumen sehingga konsumen tertarik untuk melakukan keputusan pembelian di retail yang mereka kelola. Promosi penjualan adalah kegiatan penjualan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditujukan untuk mendorong lebih kuat mempercepat respon pasar yang ditargetkan sebagai alat lainnya dengan menggunakan bentuk yang berbeda. Matahari Kings Plaza sebagai salah satu perusahaan dari Matahari group, tidak terlepas dari persaingan antara pengusaha-pengusaha retail yang ada dikota Bandung ini. Penelitian didilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan ini terhadap proses keputusan pembelian konsumen di Matahari Kings Plaza Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis, dengan variabel bebas yaitu promosi penjualan dan variabel terikat adalah proses keputusan pembelian konsumen. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden yang masuk ke Matahari Kings Plaza dengan menggunakan metode simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, penulis melihat bahwa promosi penjualan pada Matahari Kings Plaza Bandung mempunyai pengaruh yang kuat terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan melalui koefesien korelasi yang diperoleh, nilai r = 0,634 dan d = 40,19% dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh uji dengan sebesar 7,6 dan 1,987. jadi apabila promosi penjualan dilakukan dengan lebih baik, maka sudah dapat dipastikan bahwa tingkat keputusan konsumen untuk melakukan pembelian pun akan meningkat.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6164

Actions (login required)

View Item View Item