Analisis Nilai Overall Equipment Effectiveness Dan Six Big Losses Pada Mesin Molding Di PT. Era Roda Sukses Bekasi Jawa Barat

Padlika, Wicky (2016) Analisis Nilai Overall Equipment Effectiveness Dan Six Big Losses Pada Mesin Molding Di PT. Era Roda Sukses Bekasi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Era Roda Sukses bergerak dibidang pembuatan rubber atau karet, yang dibentuk berdasarkan pesanan konsumen. Produk yang dibuat sebagian besar pesanan dari perusahaan otomotif seperti, Suzuki, Denso, dan AHM. Berdasarkan hasil wawancara dengan manager produksi PT Era Roda Sukses, telah terjadi masalah pada bagian produksi khususnya pada mesin molding karena kinerja mesin molding kurang efektif ketika memproduksi suatu produk, mulai dari penyetelan mesin yang lama, mesin mati secara tiba-tiba hingga cukup banyaknya jumlah produk yang cacat. Kurang efektif nya kinerja mesin ini menimbulkan kerugian yang dialami oleh perusahaan antara lain dari biaya, tenaga serta waktu. Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan Six Big Losses digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa efektifkah mesin ketika melakukan produksi dan untuk mengurangi enam kerugian yang menyebabkan rendahnya kinerja suatu mesin. Data-data yang dikumpulkan yaitu mulai dari data waktu downtime (breakdowns), planned downtime, waktu setup, dan data waktu produksi selama satu tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada PT. Era Roda Sukses bahwa nilai OEE pada mesin molding selama periode Januari 2013 sampai Desember 2013 berkisar antara 69,83% sampai 78,98%, dan untuk Six Big Losses yang menyebabkan rendahnya kinerja mesin atau peralatan yaitu pada breakdown Losses yaitu berkisar antara 2,7% sampai 10,5%. Untuk usulan penyelesaian masalah menggunakan Fault Tree Analysis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: OEE, Six Big Losses, Fault Tree Analysis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item