Penggunaan Metode Simulasi Untuk Menentukan Jumlah Optimal Gardu Entrance Dan Exit Dari Gerbang Tol Kopo Di PT. Jasa Marga (Persero) TBK Cabang Purbaleunyi

Wildan Nugraha, Deri (2016) Penggunaan Metode Simulasi Untuk Menentukan Jumlah Optimal Gardu Entrance Dan Exit Dari Gerbang Tol Kopo Di PT. Jasa Marga (Persero) TBK Cabang Purbaleunyi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bertugas untuk merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan manfaat lebih tinggi daripada jalan umum bukan tol. Dalam penelitian ini, yang menjadi objeknya adalah gardu tol entrance dan exit di gerbang tol Kopo, yang terlihat adanya perbedaan kepadatan lalu lintas dalam setiap jamnya. Terlihat pada saat jam masuk kerja kepadatan terjadi di gardu entrance sedangkan pada saat jam pulang kerja kepadatan terjadi di gardu exit. Model simulasi merupakan salah satu altematif pendekatan untuk melihat performansi pelayanan gardu dari hasil ststistik yang diperoleh. Hal ini sangat mendukung karena perubahan keadaan (state) sistem di jalan tol bersifat probabilistik dan pemecahan dengan cara analitik akan sangat sulit. Jumlah kendaraan yang akan masuk maupun keluar tidak bisa dipastikan karena sering berubah-ubah, tetapi sifat dari perubahan tersebut bisa dimodelkan berdasarkan pengamatan data lapangan. Pada saat simulasi, jumlah kedatangan maupun tingkat pelayanan dihasilkan berdasakan bilangan acak (random) yang dibangkitkan dari model distribusi data yang paling sesuai. Adapun maksud didalam penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah jumlah gardu tol yang ada saat ini sudah cukup didalam melayani pelanggan jalan tol atau tidak. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan dapat dianalisis bahwa keadaan pelayanan gardu yang ada saat ini masih masih kurang optimal yang dilihat dari utilitas pelayanan gardu, waktu antar kedatangan kendaraan, panjang antrian, waktu kendaraan dalam sistem dan waktu kendaraan beroperasi. Dari hasil simulasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa jumlah gardu yang optimal pada keadaan saat ini untuk gardu entrance dibuka 2 gardu pada pukul 5.30 s.d. 21.30 dan dibuka 1 gardu pada pukul 21.30 s.d. 5.30. sedangkan untuk gardu exit dibuka 3 gardu pada pukul 6.30 s.d. 21.30 dan dibuka 2 gardu pada pukul 21.30 s.d. 6.30. Kata kunci : gardu entrance, gardu exit, simulasi, optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gardu entrance, gardu exit, simulasi, optimal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item