PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN RS. DR HASAN SADIKIN BANDUNG Suatu Studi Deskriptif tentang Komunikasi Interpersonal antara

Setiadi Mukti, Budi (2005) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN RS. DR HASAN SADIKIN BANDUNG Suatu Studi Deskriptif tentang Komunikasi Interpersonal antara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persepsi yang dimaksud oleh penulis dalam permasalahan ini adalah kegiatan persepsi interpersonal pengunjung, yaitu persepsi pengunjung yang ditujukan kepada personal (individu) dalam hal ini adalah petugas pelayanan Rs. Dr. Hasan Sadikin (RSHS). Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pengunjung terhadap pelayanan RS. Dr. Hasan Sadikin Bandung, penelitian dilakukan dengan suatu studi deskriptif tentang Komunikasi Interpersonal antara Pengunjung dan Petugas pelayanan RS. Dr. Hasan Sadikin Bandung. Untuk dapat menjawab masalah diatas peneliti menganalisis dan mendeskripsikan berdasarkan faktor-faktor situasional pembentuk persepsi interpersonal yaitu deskripsi verbal, petunjuk proksemik, petunjuk kinesik, petunjuk wajah, petunjuk paralinguistik, dan petunjuk artifaktual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, unit sampling adalah keluarga pasien rawat inap dan keluarga pasien rawat jalan RS. Dr. Hasan sadikin Bandung, dengan jumlah unit observasi 104 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling (non probability sample). Data dikumpulkan melalui pengamatan lapangan, wawancara, penyebaran angket dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah editing, coding sheet, tabel tunggal (tabel frekuensi, kategori alasan kategori interpretasi sikap). Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa persepi interpersonal pengunjung terhadap petugas pelayanan RSHS diketahui hasil yang baik seperti terlihat dari petunjuk proksemik, petunjuk artifaktual dan petunjuk kinesik, namun ada beberapa hal yang menunjukan bahwa persepsi pengunjung masih kurang baik apabila ditinjau dari deskripsi verbal, petunjuk paralinguistik dan petunjuk wajah, sehingga beberapa permasalahan tersebut perlu ditanggulangi serta meningkatkan pelayanan secara moral terhadap pengunjung RSHS.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6311

Actions (login required)

View Item View Item