KAJIAN BAHASA VISUAL IKLAN MINUMAN RINGAN COCA-COLA Studi Kasus: Versi Kabayan, Dangdut dan Rombongan Kawin

Ghomrowi, Ahmad (2005) KAJIAN BAHASA VISUAL IKLAN MINUMAN RINGAN COCA-COLA Studi Kasus: Versi Kabayan, Dangdut dan Rombongan Kawin.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Iklan televisi merupakan media komunikasi masa yang dapat menampilkan tata rupa (visual), tata rungu (audio) serta gerak (motion) secara bersamaan. Sehingga melalui iklan televisi, memungkinkan para pengiklan dapat menampilkan berbagai kreativitas dalam memperkenalkan suatu produk terhadap masyarakat. Pembahasan utama dalam skripsi ini adalah mengenai iklan minuman ringan Coca-Cola (yang merupakan produk global), hadir dalam tayangan iklan televisi di Indonesia dengan menampilkan muatan-muatan lokal (local content). Seperti dalam tampilan iklan Coca-Cola versi Kabayan, Dangdut dan Rombongan Kawin. Lebih sepesifik lagi, yang menjadi pertanyaan dalam skripsi ini adalah 1- Bagaimana cara penyampaian pesan melalui bahasa visual yang ditampilkan serta makna budaya dalam iklan Coca-Cola. 2- Bagaimana penggunaan bahasa visual melalui endorser (bintang iklan) yang ditampilkan. Dalam penelitian ini, untuk menjawab pertanyaan dan mengetahui permasalahan yang diangkat (bahasa visual iklan Coca-Cola) dengan menggunakan strategi penelitian deskriptif kualitatif, yakni melalui pengamatan, analisis, wawancara serta referensi dan dokumentasi. Dalam menafsirkan makna-makna yang terkandung didalam setiap tampilan iklan tersebut, menggunakan pendekatan analisis pembacaan makna, menurut teori Charles Burnette, yang sebelumnya terlebih dahulu di klasifikasikan berdasarkan unsur visual yang ditampilkan. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, dalam iklan Coca-Cola tersebut terdapat adanya bentuk akulturasi budaya, yang ditampilkan melalui penggunaan kostum, gesture dan bahasa. Melalui tekhnik pengambilan gambar yang diterapkan, dapat memaksimalkan fungsi endorser sebagai pemabawa pesan dalam iklan televisi dan mendukung karakter lokalitas tokoh yang ditampilkan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6344

Actions (login required)

View Item View Item