KAJIAN UNSUR VISUAL PADA IKLAN PRODUK SAMPO Studi Kasus Iklan Sampo Sunsilk, Pantene, dan Rejoice

Ria Dinanti, Devi (2005) KAJIAN UNSUR VISUAL PADA IKLAN PRODUK SAMPO Studi Kasus Iklan Sampo Sunsilk, Pantene, dan Rejoice.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Iklan produk sampo merupakan iklan yang tingkat diferensiasinya rendah, hal tersebut disebabkan banyaknya iklan produk sampo yang memiliki tampilan serupa. Kemiripan tampilan tersebut dapat dilihat dari umumnya iklan produk sampo menggunakan wanita dengan rambut panjang, lembut dan berkilau. Penggunaan wanita dengan rambut panjang lembut, dan berkilau pada suatu iklan produk sampo seakan-akan sudah terpola, namun sesungguhnya hal tersebut digunakan untuk menyesuaikan dengan pandangan umum masyarakat yang menilai bahwa rambut yang indah adalah rambut yang panjang, lembut, berkilau dan untuk di Indonesia ditambah dengan berwarna hitam. Selain pada penggunaan wanita dengan rambut panjang lembut dan berkilau terdapat beberapa kemiripan lain pada iklan produk sampo yang satu dengan iklan produk sampo lainnya yaitu, terdapatnya tampilan yang menggambarkan perbandingan antara rambut yang telah menggunakan produk yang diiklankan dan yang belum menggunakan produk yang diiklankan tersebut. Kemiripan lainnya yang terdapat pada iklan sampo adalah adanya tampilan yang menggambarkan kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh produk yang ditawarkan. Disamping itu semua unsur-unsur visual yang terkandung dalam iklanlah yang dapat membentuk suatu ciri khas visual bagi masing-masing iklan, dan bekerja untuk menarik perhatian pemirsa iklan. Unsur visual yang dipergunakan secara tepat dan ditunjang oleh penggunaan teknik visual yang tepatlah yang dapat menarik perhatian pemirsa sekaligus membentuk suatu ciri khas visual pada iklan tersebut. Pemirsa iklan tidak hanya menyaksikan satu iklan, ada banyak iklan yang disisipi pada tiap tayangan, maka tampilan iklan yang menarik, dengan penggunaan unsur-unsur visual yang tepat dan kreatif dapat mempengaruhi pemirsa secara tidak langsung untuk ingin lebih mengetahui dan mencoba produk yang diiklankan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6345

Actions (login required)

View Item View Item