Pembangunan Sistem Pengendalian Lampu Dan Pemanfaatan RFID Pada KUnci Pintu Elektronik Untuk Meningkatkan Keamanan Rumah Menggunakan Mikrokontroler Arduino Berbasis Android

Afrizul Nurrohman, Arif (2016) Pembangunan Sistem Pengendalian Lampu Dan Pemanfaatan RFID Pada KUnci Pintu Elektronik Untuk Meningkatkan Keamanan Rumah Menggunakan Mikrokontroler Arduino Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lampu merupakan sumber penerangan yang sangat penting, penggunaan lampu sekarang sudah sangat optimal yang digunakan untuk penerangan baik pada malam hari maupun siang hari. Pada dasarnya lampu akan menyala ketika sakelar dalam posisi ON dan akan mati ketika sakelar dalam posisi OFF. Selain pengendali lampu keamanan juga perlu diperhatikan terutama pada kunci pintu, dengan penggunaan kunci mekanik pemilik rumah akan kesulitan memonitor siapa saja yang masuk ruangan. Masalah yang dialami adalah sulitnya memonitor pemakaian lampu, terbatasnya jarak pengendalian lampu, tidak tepatnya waktu pemakaian lampu dan sulitnya memonitor orang yang masuk ruangan ketika pemilik rumah sedang berpergian. Berdasarkan permasalahan di atas, untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membangun Sistem Pengendali Lampu dan Pemanfaatan RFID Pada Kunci Pintu Elektronik Untuk Meningkatkan Keamanan Rumah Menggunakan Mikrokontroler Arduino Berbasis Android. Dalam pembangunan aplikasi ini menggunakan modul tambahan sebagai penunjang sistem seperti sensor pir, solenoid, RFID reader dan relay. Aplikasi ini juga harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang digunakan yaitu waterfall dan melakukan pengujian sistem secara black box yang berfokus pada fungsional perangkat lunak, sedangkan pengujian beta yaitu pengujian prototype dengan melakukan kuesioner. Berdasarkan pengujian sistem yang dilakukan maka, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendali lampu dan pemanfaatan RFID pada kunci elektronik yang dibangun dapat membantu pemilik rumah dalam mengendalikan lampu dari jarak jauh dan memonitor ruangan berdasarkan tag RFID.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: istem Pengendali Lampu, Kunci Pintu Elektronik, RFID, Home Automation.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item