IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KOTA BANDUNG NO. 8 TAHUN 2003 TENTANG PAJAK REKLAME DI KOTA BANDUNG

Agusmulyana, Soni (2005) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KOTA BANDUNG NO. 8 TAHUN 2003 TENTANG PAJAK REKLAME DI KOTA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keuangan daerah merupakan aspek yang sangat menentukan dalam pelaksanaan otonomi daerah. Daerah dipacu untuk menggali sumber-sumber keuangan sendiri sesuai PAD yang dimiliki daerah, salah satunya yaitu pajak daerah. Permasalahannya Pendapatan daerah Kota Bandung yang bersumber dari pajak daerah yaitu pajak reklame tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Meskipun mengalami perubahan Perda yaitu Perda No. 18 tahun 2001 tentang pajak reklame menjadi Perda No.8 tahun 2003 tentang pajak reklame. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu menggambarkan suatu kejadian berdasarkan data atau fakta yang sedang terjadi pada saat penelitian, kemudian data tersebut dikumpulkan dan diteliti untuk dianalisis. Penelitian yang bersifat deskriptif ini, menggunakan proposisi yaitu suatu gambaran antar fenomena yang diteliti secara kualitatif. Pelaksanaan Perda Kota Bandung No.8 tahun 2003 tentang pajak reklame di Kota Bandung, dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung melalui Tim Penyelenggaraan Perijinan Reklame (TP2R) dibentuk guna penataan penertiban dan penyelenggaraan reklame di Kota Bandung. Anggota TP2R memberikan masukan secara teknis sesuai dengan tugas pokok dan fungsi instansi masing-masing. Tim Penyelenggaraan Perijinan Reklame melaksanakan koordinasi secara formal yaitu diselenggarakanya rapat kajian teknis dan informal yaitu melalui telepon, dinas memberikan masukan sesuai tugas dan fungsi dinasnya masing-masing. Pentingnya fasilitas kerja seperti sarana dan prasarana dengan cara menambah kendaraan operasional dan gaji pegawai yang sesuai dengan pekerjaannya. Saran yang dapat peneliti berikan hendaknya dilaksanakannya pendidikan dan latihan serta memperbaiki dan menambah fasilitas kerja. Memberikan penyuluhan dan informasi kepada pengusaha reklame serta melakukan peneguran terhadap wajib pajak yang kurang kooperatif.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6362

Actions (login required)

View Item View Item