Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Di Sentra Sepatu Cibaduyut

Damar, Janet (2016) Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Di Sentra Sepatu Cibaduyut. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan pasar global saat ini sangat pesat kemajuannya, selain itu pada era ini telah disepakati perjanjian pasar bebas. UKM adalah salah satu penggerak ekonomi disuatu Negara. Dengan adanya persaingan bebas tersebut, penelitian ini akan meneliti permasalahan perkembangan bisnis UKM di Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung, yang mengalami suatu penurunan jumlah UKM sepatu disana, serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing di UKM Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode suvey yang bersifat analisis verifikatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui para pelaku usaha UKM Sentra Sepatu Cibaduyut apakah telah melaksanakan upaya-upaya dalam mengembangkan keunggulan bersaing. Variabel yang akan menjadi suatu pertanyaan sebagai kuisoner ke para pelaku usaha adalah orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing. Data yang disebarkan dari sampel pelaku usaha UKM sepatu Cibaduyut adalah 90 pelaku UKM dari 577 populasi Sentra Sepatu Cibaduyut menjadi sumber data primer. Berdasarkan analisis orientasi pasar dan inovasi produk di UKM Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung, dapat disimpulkan bahwa kedua variable tersebut berpengaruh positif dalam keunggulan bersaing baik dalam simultan dan parsial. Akan tetapi ada factor yang harus diperhatikan oleh para pelaku untuk mengembangkan beberapa indikator dalam variabel analisis yaitu koodinasi interfungsional, produk benar-benar baru, dan penciptaan keunikan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing, UKM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item