PERANCANGAN CD INTERAKTIF PELATIHAN OUT BOUND

Cahya Satria, Adi (2005) PERANCANGAN CD INTERAKTIF PELATIHAN OUT BOUND.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Proses pencarian pengalaman melalui kegiatan di alam terbuka sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Pendidikan melalui kegiatan di alam terbuka ini mulai dilakukan pada tahun 1821 saat didirikannya Round Hill School (Ewert, Outdoor Adventure Pursuits, 1989). Namun secara sistematik pendidikan melalui kegiatan out bound di mulai pada tahun 1941 di Inggris. Lembaga pendidikan out bound pertama ini dibangun oleh seorang pendidik berkebangsaan Jerman yang bernama Kurt Hahn bekerja sama dengan temanya Lawrence Holt, kedua orang ini membangun pendidikan berdasarkan petualangan. Pada mulanya pelatihan out bound di desain untuk para pelaut-pelaut muda Inggris pada zaman perang, petualangan dilakukan dengan kapal layar kecil yang disertai tim penyelamat menyebrangi laut utara. Kesuksesan lembaga pendidikan tersebut dalam mendidik para pemuda tadi, membuat banyak lembaga sejenis dibangun di berbagai negara. Setelah era Perang Dunia II lembaga serupa dibangun diberbagai daerah di Inggris, Eropa, Afrika, dan Australia. Di Indonesia banyak lembaga pendidikan seperti ini didirikan dengan berbagai level profesionalisme dan kelengkapan program serta peralatan. Out bound pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1990 oleh Djoko Kusumo Widagdo dan Elly Tjahja, dan merupakan perintis dari kegiatan pelatihan di alam bebas pertama di Indonesia. Pelatihan di alam terbuka ini banyak dipakai oleh lembaga angkatan bersenjata untuk kepentingan mempersiapkan para prajurit yang tangguh di dalam menghadapi kesulitan hidup baik dalam situasi aman maupun dalam situasi perang. Selain itu lembaga pelatihan seperti ini di dalam mengajarkan konsep manajemen. Metode ini termasuk metode yang sangat banyak dipakai di berbagai program pengembangan eksekutif. Metode pelatihan di alam terbuka juga telah digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan (Gass, Adventure Therapy, 1993). Pendekatan ini digunakan untuk meningkatkan konsep diri anak-anak nakal, anak pecandu narkotika, dan kesulitan di dalam hubungan sosial. Dalam hal ini pelatihan out bound diterapkan pada setiap peserta pelatihan untuk membangun sumber daya manusia yang berguna dilingkungannya. Pada dasarnya pelatihan ditujukan untuk mengembangkan kepemimpinan, pengembangan diri, pengembangan kerja tim, pengembangan strategi perencanaan.

Item Type: Article
Subjects: D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item