Kontrol Diri Dan Materialisme Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif (survey pada konsumen Distro di Jalan Sultan Agung Kota Bandung)

Ahmad Fajari, Dzikri (2016) Kontrol Diri Dan Materialisme Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif (survey pada konsumen Distro di Jalan Sultan Agung Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen distro di Jalan Sultan Agung kota Bandung. Fenomena yang terjadi adalah munculnya gejala shoppaholic pada konsumen ketika berbelanja produk pakaian. Gejala ini ditandai dengan kurangnya perencanaan dan antisipasi konsumen atas konsekuensi yang akan dihadapi pascabelanja dan tingginya tingkat materialisme pada gaya hidup mereka sehingga berpeluang terjadinya pembelian kompulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh kontrol diri dan materialism terhadap perilaku pembelian kompulsif.Metode penarikan sampel yang digunakan terdiri dari populasi dan sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah startified random sampling yang terdiri dari 94 orang responden. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, analisis korelasi product moment, dan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh kontrol diri dan materialisme terhadap pembelian kompulsif, sedangkan untuk mengukur tingkat perilaku konsumen penulis menggunakan metode IPA ( Importance Performance Analisis ). Hasil penelitian menunjukan bahwa Kontrol diri dan materialisme berpengaruh pada pembelian kompulsif. Hal ini terlihat dari hasil analisis regresi linier berganda dalam bentuk persamaan yaitu Y= 17,804 -0,318X1 +0,581X2 . artinya adalah jika kontrol diri meningkat maka pembelian kompulsif akan menurun. Sementara jika materialism meningkat, maka akan menaikan pembelian kompulsif. Berdasarkan hasil korelasi product moment didapatkan hasil -0,127 yang menyatakan hubungan yang sangat lemah dari variable kontrol diri tersebut. Dan materialisme terhadap pembelian kompulsif sebesar 0,589 Sedangkan hasil koefisien determinasi secara keseluruhan adalah 36,72%, yang artinya dampak dari kontrol diri dan materialisme terhadap pembelian kompulsif ini cukup lemah dan sisanya 63,28% diabaikan penulis karena tidak termasuk dalam materi penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri, Materialisme, Pembelian kompulsif, Perilaku konsumen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item