LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT. TELKOM KANDATEL YOGYAKARTA.

Yudi Pranata, Afrizon (2006) LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT. TELKOM KANDATEL YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Public Relations (PR) merupakan salah satu aspek yang sangat penting di setiap instansi atau perusahaan , baik milik pemerintah maupun swasta. Dalam hal ini PR sangat dibutuhkan karena merupakan bagian yang sangat menentukan kelangsungan suatu instansi atau perusahaan tersebut. Arti penting public relations sebagai sumber informasi kian terasa sejalan dengan perkembangan informasi komunikasi maupun teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan tumbuh kembangnya organisasi bisnis maupun non bisnis. Kesuksesan suatu instansi atau perusahaan di mata publik sangat didukung oleh citra positif lembaga atau perusahaan tersebut melalui kegiatan kehumasan yang dilakukannya. Dalam pelaksanaan fungsi dan tugasnya, public relations harus selalu mengikuti pemberitaan yang berkembang khususnya yang berkaitan dengan kegiatan instansi atau perusahaan agar selalu mendapat respon positif dari publik. Apalagi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini, seorang public relations dituntut untuk peka dengan informasi yang sedang berkembang dan hal ini dapat dibantu dengan melakukan kegiatan monitoring dan dokumentasi media massa. Informasi dan berita merupakan komoditas utama yang selalu dicari oleh masyarakat karena dengan selalu mengikuti perkembangannya maka orang akan semakin maju dan berkembang wawasannya serta selalu berpikiran kritis terhadap setiap suatu instansi atau perusahaan terutama yang berhubungan dengan pelayanan kepada publik. Berbagai informasi dan berita yang dibutuhkan itu dapat diperoleh melalui berbagai media massa baik elektronik maupun cetak. Media massa memiliki arti penting dalam hal penyebaran informasi dan merupakan sumber informasi yang sangat akurat, aktual, jelas dan terpercaya. Melalui media massa suatu informasi dianggap sangat penting dan berharga karena suatu informasi dapat menjadi salah satu dasar untuk pengambilan suatu keputusan dalam mencapai suatu kemajuan instansi atau perusahaan. Oleh karena itu suatu informasi di dalam media harus selalu diikuti, dimonitor, dipantau dianalisis dan didokumentasikan oleh seorang public relations sesuai dengan bidang gerak lembaga atau perusahaan yang diwakili. Hal ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata mengenai opini masyarakat tentang instansi atau perusahaan dimana tempat public relations tersebut bernaung. PT Telkom Indonesia Kandatel Yogyakarta sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi tentu menyadari begitu pentingnya untuk mendapatkan citra yang positif di mata publik apalagi dengan semakin tingginya tingkat persaingan dalam bidang jasa telekomunikasi saat ini. Sehingga untuk dapat mengetahui perkembangan di masyarakat tentang respon terhadap PT Telkomunikasi Indonesia Tbk Datel Yogyakarta, salah satunya dapat diketahui dari pemberitaan di media massa. Disinilah peran seorang public relations sangat penting bagaimana menjaga dan meningkatkan citra perusahaan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi di mata publik.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6865

Actions (login required)

View Item View Item