ANALISIS PERBANDINGAN ANGGARAN DAN REALISASI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA MANAJER PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum

Kurniasih, Dedes (2006) ANALISIS PERBANDINGAN ANGGARAN DAN REALISASI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA MANAJER PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba yang optimal, maka diperlukan suatu perencanaan yang matang dan pengendalian yang memadai sehingga dapat diketahui hasil dari pelaksanaan dari rencana, yaitu dengan menerapkan anggaran. Anggaran penjualan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan tersebut karena atas dasar anggaran penjualan ini seluruh kegiatan yang ada dalam perusahaan tersebut akan disusun perencanaannya. Dalam organisasi perusahaan, manajer melaksanakan wewenang dengan mengkonsumsi sumber daya dalam pelaksanaan wewenang ini dipertanggungjawabkan dalam bentuk pengukuran kinerja. Penilaian kinerja adalah penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi dan karyawannya berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang talah ditentukan sebelumnya. Adapun identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur penyusunan anggaran penjualan pada PDAM kota Bandung, bagaimana proses penilaian kinerja manajer pusat pendapatan pada PDAM kota Bandung, dan bagaimana peranan anggaran penjualan dalam meningkatkan kinerja manajer pusat pendapatan pada PDAM kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya serta memberikan gambaran mengenai masalah yang ada pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan, wawancara, observasi, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa PDAM Kota Bandung menetapkan anggaran penjualan setahun sekali dimana anggaran penjualan tersebut ditetapkan atau disusun berdasarkan kebijakan yang dijadikan dasar pedoman penyusunan anggaran penjualan yaitu berdasarkan metode bottom up. Prosedur penyusunan dan pelaksanaan anggaran penjualan pada PDAM telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya penentuan dasar-dasar anggaran penjualan dan penyusunan rencana penjualan. Sedangkan proses penilaian kinerja manajer pusat pendapatan sudah dilaksanakan dengan baik karena para manajer di PDAM selalu memperhatikan daerah pertanggungjawabannya, penetapan kriteria yang dipakai untuk mengukur kinerja yaitu memperbandingkan kinerja sesungguhnya dengan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, penentuan penyebab timbulnya penyimpangan kinerja sesungguhnya dari yang ditetapkan dalam standar, dan penegakkan kriteria yang diinginkan. Anggaran penjualan pada PDAM Kota Bandung berperan dalam penilaian kinerja manajer pusat pendapatan, dan dapat dihitung melalui pengujian validitas, reliabilitas dan uji statistik, dan hasilnya signifikan dan tingkat penyimpangan sebesar sepuluh persen.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item