KAMPANYE PARTAI POLITIK PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2004 (Studi Kasus di Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya

Lugina, Lugi (2006) KAMPANYE PARTAI POLITIK PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2004 (Studi Kasus di Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini diberi judul Kampanye Partai Politik pada Pemilihan Umum Legislatif 2004 (Studi Kasus di Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya Kota Sukabumi). Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah penyelenggaraan kampanye yang dilakukan partai Golkar pada pemilu legislatif 2004 di Kota Sukabumi kurang mendapatkan massa pendukung, tetapi dalam pelaksanaan pemilu legislatif 2004 di Kota Sukabumi partai Golkar dapat memenangkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kampanye partai Golkar di Kota Sukabumi pada pemilu Legislatif 2004. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengolahan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Perencanaan kampanye partai Golkar diawali dengan menganalisis masalah yang terjadi di masyarakat dan disesuakan dengan tujuan kampanye yang telah ditetapkan kemudian dijadikan pesan kampanye. Adapun isi pesan tersebut adalah program partai yang meliputi bidang ekonomi, sosial, politik, pertahanan, keamanan serta budaya. Pesan tersebut telah disesuaikan dengan kondisi sasaran kampanye. Hal tersebut kemudian jabarkan ke dalam strategi dan taktik kampanye yaitu penyebaran informasi tentang visi, misi, tujuan, program partai serta kandidat partai sampai keseluruh masyarakat Kota Sukabumi dengan melakukan penyebaran kaos, bendera, stiker dan pamplet. Agar semua dapat berjalan dengan baik maka diperlukan sumber daya yaitu sumber daya manusia meliputi tim kampanye, jurkam, kader dan simpatisan sedangkan sumber daya dana diperoleh dari partai Golkar pusat, partai Golkar propinsi, calon legislatif partai sumbangan kader dan simpatisan. Setelah itu evaluasi kampanye dilakukan untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan kampanye agar tidak terulang dalam pelaksanaan kampanye berikutnya Keberhasilan kampanye partai Golkar juga ditunjang oleh beberapa faktor yaitu peran media massa yang membantu menyampaikan pesan kepada masyarakat. Selain itu faktor penunjang lainnya adalah aksesibilitas yaitu penerimaan masyarakat terhadap isu kampanye yang disampaikan serta kecocokan materi kampanye dengan karakteristik masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item